Relevansi Mindfulness Sufistik dengan kesehatan mental pada generasi Strawberry : Studi korelasi komunitas Cayous Familia di Kota Bandung

Rahmi, Ismiani Nur Faizul (2024) Relevansi Mindfulness Sufistik dengan kesehatan mental pada generasi Strawberry : Studi korelasi komunitas Cayous Familia di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy

Abstract

Generasi Strawberry menjadi sebuah fenomena yang melatar belakangi penelitian ini. Banyak sekali anak muda saat memiliki kreativitas yang tinggi, namun mereka sering kali menunjukkan tingkat kerapuhan mental yang sedang mereka alami. Seperti halnya buah strawberry yang terlihat indah dan eksotis, namun begitu buah strawberry terbenturkan, maka buah strawberry akan mudah hancur. Sehingga istilah ini digunakan untuk generasi Z yang mudah hancur layaknya buah strawberry. Hal ini lah yang menjadi permasalahan zaman ini, banyak sekali generasi muda khusunya generasi Z yang tidak mampu menghadapi berbagai permasalahan hidupnya karna mengalami ketidakseimbangan tubuh yang mengakibatkan perasaan tertekan dan distress, sehingga generasi strawberry ini membutuhkan kesadaran yang tinggi untuk menjaga keseimbangan tubuh mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mindfulness sufistik dengan kesehatan mental pada generasi strawberry di komunitas Cayous Familia. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Kemudian sumber data yang digunakan adalah sumber data primer di dukung dengan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Teknik analisis data menggunakan uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi (uji normalitas dan uji linearitas), analisis regresi linear sederhana, uji determinasi, uji deskriptif, dan uji korelasi Penelitian ini menggunakan teori mindfulness sufistik dalam buku yang ditulis oleh Sri Rejeki. Dimana mindfulness sufistik adalah hasil dari mengintergrasikan konsep mindfulness dengan nilai-nilai tasawuf didalamnya, dengan mengkombinasikan perhatian terhadap kesadaran Ilahiyah dan kesadaran kuantum. Kemudian teori kesehatan mental dari Keyes, dimana menurutnya seseorang yang memiliki mental yang sehat ialah yang memiliki pandangan hidup yang positif, mampu mengatasi masalah dalam dirinya sendiri, terhindar dari permasalahn gangguan mental, dan menjalankan fungsi psikologis dan sosialnya dengan sangat baik. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Tingkat kesehatan mental pada generasi strawberry di komunitas Cayous Familia berapada pada tingkatan sedang. 2) Tingkat mindfulness sufistik pada generasi strawberry di komunitas Cayous Familia berada pada tingkatan yang sama antara sedang dan tinggi. 3) Pada uji korelasi diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0.046 < 0.05 dan nilai pearson correlation adalah 0.31 sehingga derajat hubungannya terdapat di 0.20 s/d 0.39 yang berarti korelasi lemah. Sehingga terdapat relevansi mindfulness sufistik dengan kesehatan mental pada generasi strawberry di komunitas Cayous Familia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Minfulness SUfistik; Kesehatan Mental; Generasi Strawberry; Komunitas Cayous Familia
Subjects: Causation
Subconscious and Altered States and Process
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ismiani Nur Faizul
Date Deposited: 13 May 2024 01:01
Last Modified: 13 May 2024 01:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87055

Actions (login required)

View Item View Item