Aini, Dzakiya Nurul (2024) Social comparison dan self-esteem sebagai prediktor psychological well-being Pengguna instagram. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover .pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (75kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
Abstract
Instagram, sebagai salah satu platform media sosial yang populer, seringkali menjadi pilihan bagi individu dewasa awal. Penggunaan Instagram dapat memicu reaksi psikologis yang beragam, termasuk munculnya fenomena social comparison, serta pengaruhnya terhadap self-esteem individu. Hal tersebut dapat mempengaruhi psychological well-being seseorang, salah satu aspek yang penting bagi individu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh social comparison dan self-esteem secara bersama-sama terhadap psychological well-being pengguna Instagram. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif kausalitas dengan accidental sampling. Subjek penelitian ini berjumlah 402 responden yang merupakan mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2020. Social comparison diukur dengan Social Media Social Comparison (SMSC), psychological well-being diukur dengan Psychological well-being Scale (PWBS), dan self-esteem diukur dengan Rosenberg Self Esteem Scale (RSES). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa social comparison dan self-esteem berpengaruh secara bersama-sama terhadap psychological well-being pengguna Instagram, dengan nilai koefisien determinasi 0,120 atau 12%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Psychological well-being; social comparison; self-esteem; instagram |
Subjects: | Psychology > Education of Psychology Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Dzakiya Nurul Aini |
Date Deposited: | 14 May 2024 08:32 |
Last Modified: | 14 May 2024 08:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87436 |
Actions (login required)
View Item |