Pengaruh penerapan metode Tilawati terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an siswa

Raihanati, Mutiara Imadianggita (2024) Pengaruh penerapan metode Tilawati terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an siswa. Sarjana thesis, Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Al-Quran merupakan kalamullah yang menjadi sumber segala hukum dan menjadi pedoman bagi kehidupan umat islam. Sehingga menjadi suatu kewajiban bagi umat Islam untuk mempelajari Al-Quran. Metode Tilawati menjadi salah satu metode yang digunakan untuk memudahkan siswa untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh metode Tilawati terhadap kemampuan membaca Al-Quran pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Cigintung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Metode Tilawati merupakan pendekatan dalam pengajaran Al-Quran yang menekankan pada teknik-teknik bacaan yang benar dan pemahaman makna yang mendalam. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pre experimental design dengan jenis pre test and post test one group design. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IV MI Cigintung. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan membaca Al-Quran sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan hasil pretest sebagai penilaian kemampuan membaca Al-Quran sebelum menggunakan metode Tilawati, nilai tertinggi yang didapat ialah 83 dan nilai terendah ialah 37. Rata-rata hasil dari nilai pretest yang diraih yaitu 59. Nilai rata-rata tersebut berada dalam kategori kurang. Adapun hasil posttest nilai tertinggi yang diraih ialah 93 serta nilai terendah ialah 47. Hasil rata-rata nilai posttest yakni 74. Nilai rata-rata hasil posttest tersebut berada dalam kriteria baik. Berdasarkan output test statistic, diketahui Asymp.Sig.(2-tailed) bernilai 0,001, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Artinya ada perbedaan dari hasil dari pretest dan posttest penggunaan metode Tilawati. Sehingga berpengaruh positif dan bersignifikansi terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas IV MI Cigintung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji hipotesis N-Gain skor sebagai pengambilan keputusan keefektifan dari nilai tes penelitian, bahwa rata-rata nilai yang didapat ialah 30,0173 atau berpengaruh sebesar 30%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode Tilawati terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Quran pada siswa kelas IV MI Cigintung. Implikasi temuan ini memberikan kontribusi pada pengembangan metode pembelajaran Al-Quran yang lebih efektif di tingkat pendidikan dasar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: tilawati; kemampuan membaca Al-qur'an; madrasah ibtidaiyah; pengajaran Al-qur'an; pengembangan metode pembelajaran
Subjects: Islam
Elementary Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Imadianggita Raihanati
Date Deposited: 20 May 2024 07:57
Last Modified: 20 May 2024 07:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87498

Actions (login required)

View Item View Item