Pengaruh retained earning dan selisih kurs terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor otomotif dan komponen otomotif yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2013-2022: Studi di PT Indo Kordsa Tbk, PT Selamat Sempurna Tbk dan PT Gajah Tunggal Tbk

Triyanti, Felinta (2024) Pengaruh retained earning dan selisih kurs terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor otomotif dan komponen otomotif yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2013-2022: Studi di PT Indo Kordsa Tbk, PT Selamat Sempurna Tbk dan PT Gajah Tunggal Tbk. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidaksesuaian data yang ditemukan peneliti pada PT. Indo Kordsa Tbk, PT. Selamat Sempurna Tbk dan PT. Gajah Tunggal Tbk dengan teori yang ada yaitu apabila Retained Earning tinggi maka biasanya diikuti dengan meningkatnya Nilai Perusahaan. Pada Selisih Kurs terdapat dua teori yakni Selisih Kurs yang berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan dan Selisih Kurs yang tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Nilai Perusahaan yang baik menggambarkan kinerja perusahaan yang baik pula dimana biasanya hal tersebut diikuti dengan peningkatan laba atau keuntungan yang didapatkan perusahaan. Kondisi tersebut dapat memengaruhi keputusan investor dalam mengambil keputusan mengenai penanaman modalnya di perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Retained Earning dan Selisih Kurs secara parsial dan simultan terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan sub sektor otomotif dan komponen otomotif yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) studi di PT. Indo Kordsa Tbk, PT. Selamat Sempurna Tbk dan PT. Gajah Tunggak Tbk periode 2013-2022. Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif dalam pendekatan kuantitatif. Sumber data yang dipakai dalam penelitian ini ialah data panel yang didapat dari publikasi laporan keuangan perusahaan periode 2013-2022. Metode analisis data yang dipakai ialah analisis deskriptif, uji regresi berganda data panel, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa (1) Secara parsial Retained Earning terbukti tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Dengan koefisien 35,43% dan uji t sebesar 0,2599. (3) Secara parsial Selisih Kurs terbukti tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Dengan koefisien -1,92% dan uji t sebesar 0,3383. (4) secara simultan Retained Earning dan Selisih Kurs tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Dengan koefisisen determinasi (R2) 0,8676% dan uji f sebesar 0,338804.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Retained Earning; Selisih Kurs; Nilai Perusahaan
Subjects: Econmics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Felinta Triyanti
Date Deposited: 29 May 2024 02:21
Last Modified: 29 May 2024 02:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87967

Actions (login required)

View Item View Item