Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah anak tunarungu: Penelitian pada siswa tunarungu SLB Negeri Cileunyi Kabupaten Bandung

Wahyuningsih, Yuli (2023) Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah anak tunarungu: Penelitian pada siswa tunarungu SLB Negeri Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)

Abstract

Anak tunarungu diberikan keringanan dalam beribadah, seperti mengenal dan membaca huruf hijaiyah, mereka dimaklumi jika membaca huruf hijaiyah tidak fasih atau dengan bantuan bahasa isyarat. Namun, anak tunarungu tetap memiliki hak yang sama untuk menerima informasi mengenai huruf hijaiyah dan bagaimana membacanya. Maka dari itu, anak tunarungu membutuhkan layanan bimbingan dari pembimbing. Tetapi masih banyak orangtua yang menganggap mengenal dan bisa membaca huruf hijaiyah bagi anak tunarungu itu tidak perlu, hanya karena mereka memiliki kesulitan untuk mendengar dan berbicara. Layanan bimbingan kelompok merupakan proses pemberian bantuan kepada klien dalam mengatasi dan menyelesaikan permasalahan sehingga klien mampu mendapatkan suatu pemahaman pada dirinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah bagi anak tunarungu di SLB Negeri Cileunyi. Kerangka pemikiran ini dituangkan dalam bentuk desain penelitian yang menggunakan one group pretest-posttest. Desain penelitian ini menggunakan dua variabel, layanan bimbingan kelompok sebagai variabel bebas (X) dan meningkatkan kemampuan anak tunarungu sebagai variabel terikat (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan pretest-posttest, dengan jumlah populasi 10 siswa tunarungu tingkat SD-SMP di SLB Negeri Cileunyi. Hasil penelitian ini dilakukan melalui uji data berpasangan yang menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi (correlation) sebesar 0,807 dengan nilai signifikan (Sig.) sebesar 0,005. Karena nilai Sig. 0,005 yang diperoleh yakni ≤ 0,05 maka H1 dapat diterima. Dengan hasil uji-t (thitung) sebesar 12,750 yang merupakan selisih antara hasil pretest-posttest dengan nilai signifikan alpha sebesar 0,05, maka diperoleh ttab = 2,262 dari nilai df yaitu 9. Sehingga didapatkan kesimpulan bahwa thitung ≥ ttab. Dengan kata lain perlakuan yang dilakukan dalam penelitian memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap hasil yang diharapkan, serta hipotesis yang diterima yaitu H1 adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak tunarungu di SLB Negeri Cileunyi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok; Anak Tunarungu; Huruf Hijaiyah
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Yuli Wahyuningsih
Date Deposited: 27 May 2024 08:51
Last Modified: 28 May 2024 02:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/87997

Actions (login required)

View Item View Item