Hubungan peran orang tua dengan hasil belajar matematika siswa kelas V MI Nurul Huda Baleendah: Penelitian korelasi pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Baleendah Kabupaten Bandung

Akbar, Farhan Nurkafa (2023) Hubungan peran orang tua dengan hasil belajar matematika siswa kelas V MI Nurul Huda Baleendah: Penelitian korelasi pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Baleendah Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab I.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy

Abstract

Peran orang tua dalam membimbing, mengawasi dan memotivasi dapat memudahkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran di rumah. Peran tersebut dapat menjadi salah satu faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran orang tua siswa di kelas V, mengetahui hasil belajar matematika siswa di kelas V, dan mendeskripsikan hubungan peran orang tua dengan hasil belajar matematika siswa di kelas V MI Nurul Huda Baleendah. Hipotesis dalam penelitian ialah terdapat hubungan positif yang signifikan antara peran orang tua dengan hasil belajar matematika siswa di kelas V MI Nurul Huda Baleendah. Metode yang digunakan ialah metode korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan sampel diambil dari kelas V yang berjumlah 44 siswa. Adapun instrumen yang digunakan ialah angket dan dokumentasi nilai untuk mengetahui hasil belajar siswa pada Ulangan Tengah Semester (UTS). Teknik analisis menggunakan teknik korelasi bivariat yang dimulai dari uji normalitas shapiro wilk diperoleh data berdistribusi normal, kemudian uji korelasi product moment, dan menghitung koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : peran orang tua siswa di kelas V memiliki rata-rata sebesar 84,16 yang berarti berada kategori yang cukup. Sedangkan rata-rata pada hasil belajar siswa diperoleh sebesar 48,70 yang berarti berada pada kategori cukup. Hubungan antara peran orang tua dengan hasil belajar matematika siswa di kelas V MI Nurul Huda Baleendah termasuk ke dalam kategori rendah atau lemah. Hal tersebut dapat ditunjukkan dari hasil perhitungan uji korelasi product moment bahwa nilai rhitung sebesar 0,322. Nilai signifikansi 5% dan jumlah responden 44 maka diperoleh rtabel sebesar 0,297. Dengan demikian, H1 diterima karena nilai rhitung (0,322) > rtabel (0,297). Artinya, terdapat korelasi positif yang signifikan antara peran orang tua dengan hasil belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan bahwa 10,36% hasil belajar matematika siswa dipengaruhi oleh peran orang tua.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua; Hasil Belajar Matematika Siswa; MI Nurul Huda Baleendah
Subjects: Culture and Institutions
Culture and Institutions > Parenthood
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: farhan nurkafa akbar
Date Deposited: 11 Jun 2024 04:01
Last Modified: 11 Jun 2024 04:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88283

Actions (login required)

View Item View Item