Khitobah ta’tsiriyah program magrib mengaji online dalam akun @donyahmad.munir: Penelitian deskriptif pada Pegawai Diskominfo Sumedang

Auliya, Rihan Muhajir (2023) Khitobah ta’tsiriyah program magrib mengaji online dalam akun @donyahmad.munir: Penelitian deskriptif pada Pegawai Diskominfo Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover .pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (633kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)

Abstract

Intagram merupakan salah satu media sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai media dakwah. Pada akun Instagram @donyahmad.munir memiliki program Magrib Mengaji Online melalui siaran langsung setiap hari senin-jumat mulai pukul 18.30 s/d 19.00 WIB. Siaran tersebut dikhususkan untuk pengenalan dan pembelajaran tentang Al-Qur’an diakhiri dengan ceramah mengedepankan materi-materi ringan dalam hal dakwah Islam.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhatian, implikasi keberhasilan, faktor pendukung, dan faktor penghambat pegawai Diskominfo Sumedang selama mengikuti program Magrib Mengaji online akun Instagram @donyahmad.munir.Penelitian ini menggunakan teori kerangka konseptual, yaitu teori komunikasi massa dan teori presepsi Jalaludin Rakhmat.Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme, adapun pendekatan yang digunakan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengamati secara langsung program Magrib Mengaji online dan praktik keagamaan yang terkait. Wawancara dilakukan dengan beberapa pegawai Diskominfo Sumedang sebagai Mad’ untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang presepsi Mad’u. Dokumentasi dilakukan untuk mengumpulkan informasi dan referensi terkait program Magrib Mengaji online dalam akun Instagram @donyahmad.munir.Dalam hasil penelitian, program Magrib Mengaji online dalam akun Instagram @donyahmad.munir. Temuan pada penelitian ini adalah pada sebuah aspek yang dinamakan atensi atau menarik perhatian, informan menyebutkan bahwa program Magrib Mengaji online dalam akun @donyahmad.munir berhasil menggiring pemirsa dengan pembelajaran membaca Al-Qur’an dan juga menyampaikan cermahanya dengan media sosial Intagram. Temuan penelitian ini antara lain citra Da’i sebagai daya tarik Mad’u program Magrib Mengaji online, memunculkan perhatian. Lalu materi dakwah sebagai daya tarik Mad’u Aspek Kognisi, Afeksi, dan Konasi pegawai Diskominfo Sumedang dalam keberlangsungan program Magrib Mengaji online. Aspek ini berhubungan dengan menyangkut komponen pengetahuan, pengharapan, cara berfikir dan pengalaman masa lalu, serta segala sesuatu yang diperoleh dari hasil pikiran individu pelaku persepsi. Implikasi Peneliti berharap pada penelitian berikutnya untuk dapat lebih mengkaji dan mempelajari fenomena yang ada dimasyarakat berkenaan tentang penggunaan social media diharapkan mampu menjadi kajian dan rujukan akademik tentang Khitobah Ta'tsiriyah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tabligh; khitobah; media sosial
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rihan Muhajir Auliya
Date Deposited: 11 Jun 2024 03:55
Last Modified: 11 Jun 2024 03:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/88550

Actions (login required)

View Item View Item