Internalisasi nilai-nilai Moderasi Beragama pada mata kuliah Pendidikan Agama Islam : Penelitian di Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia

Suhendi, Endi (2024) Internalisasi nilai-nilai Moderasi Beragama pada mata kuliah Pendidikan Agama Islam : Penelitian di Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia. Doktoral thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy

Abstract

Kehidupan beragama di Indonesia belakangan ini sering diwarnai konflik sosial berlatar agama, memperuncing sentimen keagamaan dan mengancam kerukunan serta keutuhan bangsa. Sikap ekstrem dalam beragama, baik yang terlalu ketat maupun terlalu longgar, menjadi pemicu utama. Universitas Pendidikan Indonesia berupaya mengatasi hal ini melalui mata kuliah Pendidikan Agama Islam yang menginternalisasikan nilai-nilai moderasi beragama. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis 1) Konsep moderasi beragama, 2) Proses internalisasi nilai-nilai moderasi beragama, 3) Evaluasi hasil internalisasi nilai-nilai moderasi beragama, 4) Implikasi internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam mata kuliah PAI, 5) Menciptakan desain model internalisasi nilai-nilai moderasi beragama di perguruan tinggi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh di lapangan melalui wawancara, mendalam, terstruktur dan dari sumber-sumber kepustakaan. Data hasil studi pustaka dan studi lapangan ditampilkan sebagai temuan penelitian. Data yang telah ditampilkan kemudian di abstraksikan yang bertujuan untuk menampilkan fakta. Tahap selanjutnya, data tersebut diinterpretasi untuk menghasilkan informasi atau pengetahuan. Pada tahap interpretasi digunakan metode, atau analisis. Hasil penelitian ditemukan bahwa 1) Konsep moderasi beragama yang dikembangkan di UPI secara umum mengikuti konsep yang telah dikembangkan oleh para ahli dan juga regulasi, hanya saja secara khusus UPI mengimplementasikan konsep peace education sebagai upaya internalisasi nilai-nilai moderasi beragama; 2) Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dilakukan melalui pembelajaran mata kuliah PAI dan SPAI, penelitian mahasiswa, kegiatan tutorial PAI dan SPAI, diskusi ilmiah, dan projek sosial; 3) Evaluasi internalisasi nilai-nilai moderai beragama pada mata kuliah PAI dilakukan melalui evaluasi formatif maupun sumatif. Evaluasi formatif dilakukan untuk mengevaluasi keseluruhan proses pembelajaran sedangkan evaluasi sumatif dilakukan untuk mengukur pemahaman dan penerimaan mahasiswa terhadap nilai-nilai moderasi beragama; 4) Implikasi dari internalisasi nilai-nilai moderasi beragama pada mata kuliah PAI adalah terbentuknya sikap moderat pada mahasiswaserta terciptanya lingkungan kampus yang inklusif serta harmonis; 5) Model internalisasi nilai-nilai moderasi beragama di Perguruan Tinggi Umum dilakukan melalui strategi insersi, yaitu penyisipan materi moderasi beragama pada setiap materi pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: internalisasi; nilai; moderasi; pendidikan; islam
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education > Ethical Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Ilmu Pendidikan Islam
Depositing User: ENDI SUHENDI
Date Deposited: 22 Aug 2024 06:44
Last Modified: 22 Aug 2024 06:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89030

Actions (login required)

View Item View Item