Analisis Hadits Dengan Tujuan Pendidikan

Andriyani, Ade and Ikhsan, Anisa Nurul and Maslani, Maslani and Syahputra, Wildan and Ardiansyah, Suryana (2024) Analisis Hadits Dengan Tujuan Pendidikan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9 (1). ISSN 2477-2143

[img]
Preview
Text
2024 Sinta 4_Analisis Hadits dengan tujuan pendidikan.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Turnitin_2024 Sinta 4_ANALISIS HADITS DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Secara umum tujuan pendidikan Islam adalah menjadikan orang-orang terpelajar sebagai hamba Tuhan yang bertakwa, pemimpin yang bertanggung jawab, dan manusia sempurna yang mampu mencapai keselamatan dunia dan akhirat. Namun faktanya tujuan pendidikan masa kini belum sepenuhnya terealisasi. Hal ini dibuktikan dengan adanya kasus bullying yang terjadi akhir-akhir ini dibeberapa sekolah. Makalah ini membahas tentang tujuan-tujuan pendidikan beserta analisis hadits yang berkaitan dengan tujuan pendidikan. Untuk mengevaluasi teks dalam peneltian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) yang meoibatkan analisis kritis dan mendalam terhadap sumber-sumber pustaka yang relevan, seperti buku dan jurnal yang memiliki kualitas sebagai rujukan yang berharga untuk materi dalam penelitian ini. Tujuan pendidikan berdasarkan Hadits Nabi SAW merupakan salah satu penegasan dan penguatan terhadap tujuan pendidikan berdasarkan Al-Qur’an, yaitu mendidik dan mengembangkan manusia secara individu dan kolektif agar dapat memenuhi perannya sebagai manusia. Hamba Allah itu adalah suatu bentukan para khalifah adalah tujuan diciptakannya manusia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: analisis hadits, hadits tujuan pendidikan, tujuan pendidikan
Subjects: Islam > Hadith
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maslani Maslani
Date Deposited: 25 Jun 2024 05:59
Last Modified: 25 Jun 2024 05:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89214

Actions (login required)

View Item View Item