Retorika Abuya Muhyiddin Abdul Qodir Al Manafi dalam tayangan ceramah peringatan Maulid Nabi: Analisis terhadap video ceramah maulid di Sarijadi Bandung pada channel Youtobe Ngaji Berkah Media

Munir, Acep Mohammad Kholis (2023) Retorika Abuya Muhyiddin Abdul Qodir Al Manafi dalam tayangan ceramah peringatan Maulid Nabi: Analisis terhadap video ceramah maulid di Sarijadi Bandung pada channel Youtobe Ngaji Berkah Media. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy

Abstract

Abuya Muhyiddin merupakan salah satu tokoh agama yang terkenal di Indonesia karena memiliki ciri khas dalam dakwahnya, yaitu pelaksanaan dakwah yang dilkakukan pada malam hari dengan jamaah yang cukup banyak. Ditemukan bahwa Abuya Muhyiddin memiliki ciri khas pembawaan dalam aspek retorika yang khas sehingga banyak di gemari. Penelitian ini menganalisis retorika Abuya Muhyiddin Abdul Qodir Al-Manafi dalam ceramah peringatan Maulid Nabi, yang disiarkan melalui Channel YouTube Ngaji Berkah Media. Tujuan penelitian melibatkan analisis terhadap organisasi pesan, penggunaan bahasa, dan majas yang digunakan dalam ceramah Abuya Muhyiddin Abdul Qodir Al Manafi pada peringatan maulid nabi di Sarijadi yang ditayangkan melalui Channel Youtobe Ngaji Berkah Media. Penelitian ini dilandaskan pada Teori retorika Corax digunakan sebagai dasar analisis, yang mencakup organisasi pesan melalui pengantar pidato (Poem), uraian (Diegesis), argumentasi (Agon), penjelasan tambahan (Diregsio), dan penutup simpulan (Peroratio). Selain itu, penelitian ini juga memanfaatkan teori jenis majas, dengan memfokuskan pada gaya bahasa perbandingan, pertentangan, pertautan, dan perulangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengen menjelaskan secara deskriptif uraian ceramah Abuya Muhyiddin pada Channel Youtube Ngaji Berkah Media. Adapun pendekatannya menggunakan Paradigma konstruktivisme memandang bahwa pengetahuan yang dibentuk oleh manusia tidak bersifat tetap melainkan akan terus berkembang atas konstruk pemikiran yang terjadi pada subjek yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang berkaitan dengan ceramah Abuya Muhyiddin. Hasil penelitian menyimpulkankan bahwa Abuya Muhyiddin secara terstruktur membuka ceramah dengan ungkapan syukur dan pesan takwa, memperkuat keyakinan umat Islam melalui dalil-dalil Al-Quran, dan menekankan pentingnya mengikuti ajaran agama. Dalam muqoddimah, beliau menggabungkan tiga bahasa (Arab, Indonesia, Sunda) dengan cerdas, menciptakan ikatan emosional dan spiritual dengan audiens. Ceramahnya mencakup akidah, sejarah, dan akhlak secara holistik, memberikan pemahaman mendalam tentang Islam dan pedoman praktis bagi umat Islam. Gaya bahasa Abuya Muhyiddin, termasuk penggunaan metafora, memungkinkan penyampaian pesan kompleks secara singkat dan padat. Dengan strategi ini, Abuya Muhyiddin tidak hanya menyampaikan pemahaman Islam yang mendalam tetapi juga membangun ikatan spiritual yang kuat dalam perayaan Maulid Nabi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Retorika; abuya muhyiddin abdul qodir al manafi; ceramah; peringatan maulid nabi
Subjects: Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ACEP MOHAMMAD KHOLIS MUNIR
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:37
Last Modified: 09 Jul 2024 08:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89319

Actions (login required)

View Item View Item