Analisis perbandingan kinerja keuangan Bank Umum Swasta Nasional Syariah di indonesia tahun 2013-2022 melalui analisis tren dan Common Size

Zaini, Muhamad Hizqil (2024) Analisis perbandingan kinerja keuangan Bank Umum Swasta Nasional Syariah di indonesia tahun 2013-2022 melalui analisis tren dan Common Size. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (780kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy

Abstract

Eksistensi ekonomi syariah di Indonesia bisa ditinjau dari perkembangan yang terjadi pada sektor perbankan syariah. Perkembangannya ditunjukkan dengan kinerja keuangan dari bank syariah terkait sebagai gambaran tentang keadaan keuangannya yang dinilai dengan suatu alat analisis. Alat analisis yang digunakannya dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti analisis tren untuk menilai pos-pos pada laporan keuangan dalam beberapa waktu atau analisis common size untuk membandingkan setiap komponen pada laporan keuangan. Dengan demikian, baik atau buruknya suatu bank syariah dapat terlihat, sehingga para stakeholders yang akan mengambil keputusan dapat terbantu. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini memiliki tiga tujuan. Pertama, melihat tren kinerja keuangan pada Bank Muamalat Indonesia (BMI) dan Bank Jabar Banten Syariah (BJBS) tahun 2013-2022. Kedua, mengetahui kinerja keuangan pada BMI dan BJBS tahun 2013-2022 berdasarkan analisis common size. Ketiga, menguji ada tidaknya perbedaan kinerja keuangan di antara BMI dan BJBS. Penelitian ini mengacu pada kerangka pemikiran yang menyatakan bahwa kinerja positif yang berada pada laporan neraca akan menunjukkan kinerja positif juga di laporan laba rugi. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan adanya akun-akun pada kedua laporan tersebut yang memiliki hubungan di antara yang satu dengan yang lainnya. Metode penelitian yang dipakai ialah metode kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Adapun data yang digunakan dalam bentuk annual report pada tahun 2013-2022 yang telah dipublikasikan oleh BMI dan BJBS di website resminya masing-masing. Sedangkan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan datanya ialah melalui dokumentasi dan studi kepustakaan. Kemudian, alat analisis yang digunakannya ialah analisis deskriptif, uji prasyarat, dan analisis uji hipotesis. Di samping itu, pengolahan datanya memakai aplikasi microsoft excel 2013 serta IBM SPSS Statistics 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tren kinerja keuangan di BMI cenderung menurun, sedangkan di BJBS cenderung meningkat. Adapun kinerja keuangan berdasarkan analisis common size pada pos aktiva di BMI didominasi pembiayaan, sedangkan di BJBS didominasi piutang; pada pos pasiva keduanya didominasi dana syirkah temporer; serta pada pos laba rugi keduanya didominasi beban usaha. Di samping itu, terlihat adanya perbedaan kinerja keuangan di antara BMI dan BJBS melalui analisis tren dengan nilai signifikansi sebesar 0,003. Kemudian, tidak terdapat perbedaan kinerja keuangan di antara BMI dan BJBS melalui analisis common size dengan nilai signifikansi sebesar 0,986.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Tren; Common Size; Perbandingan Kinerja Keuangan
Subjects: Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Business > Education, Research, Related Topics of Business
Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management > Management for Enterprises
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Muhamad Hizqil Zaini
Date Deposited: 01 Jul 2024 02:02
Last Modified: 01 Jul 2024 02:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89462

Actions (login required)

View Item View Item