Pengaruh work-life balance dan lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening: Studi pada pegawai Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten

Lutfahni, Salzia (2024) Pengaruh work-life balance dan lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening: Studi pada pegawai Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.PDF

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.PDF

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.PDF

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.PDF

Download (308kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.PDF
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.PDF
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.PDF
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.PDF
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.PDF
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan dan kemajuan suatu perusahaan dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya adalah produktivitas pada pegawai yang perlu ditingkatkan dan dipertahankan. Namun, produktivitas kerja pada pegawai Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat menunjukkan tingkat yang fluktuatif setiap tahunnya. Diduga adanya permasalahan pada work-life balance yang belum tercapai dengan baik pada beberapa pegawai dan lingkungan kerja yang belum ideal pada beberapa aspek, sehingga mempengaruhi tingkat produktivitas kerja pada pegawai. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis apakah work-life balance dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap produktivitas kerja secara parsial maupun secara simultan pada pegawai Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten melalui kepuasan kerja sebagai variabel mediasi (intervening). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah pegawai Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten dengan target sampel sebanyak 57 pegawai yang telah ditentukan melalui teknik probability sampling menggunakan metode simple random sampling. Pengumpulan data yang dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara, studi pustaka dan penyebaran kuesioner. Dengan penggunaan path analysis, hasil pembahasan menunjukkan bahwa work-life balance berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja. Lingkungan kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap produktivitas kerja. Secara simultan, work-life balance dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja. Work-Life balance dan lingkungan kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Pengaruh Work-Life balance terhadap produktivitas kerja melalui kepuasan kerja dapat memediasi secara parsial namun tidak signifikan. Kepuasan kerja tidak memediasi secara signifikan pada pengaruh lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja. Dan secara simultan, kepuasan kerja tidak memediasi secara signifikan pengaruh work-life balance dan lingkungan kerja terhadap Produktivitas Kerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Work-life balance; lingkungan kerja; produktivitas kerja; kepuasan kerja
Subjects: General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Salzia Lutfahni
Date Deposited: 04 Jul 2024 07:34
Last Modified: 04 Jul 2024 07:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89835

Actions (login required)

View Item View Item