Penerapan metode brainstorming untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak: Penelitian Quasi Experiment pada siswa kelas VIII di MTs Miftahul Falah Kota Bandung

Yustiani, Yasri (2024) Penerapan metode brainstorming untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak: Penelitian Quasi Experiment pada siswa kelas VIII di MTs Miftahul Falah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari munculnya permasalahan-permasalahan yang terjadi di kelas VIII MTs Miftahul Falah Kota Bandung salah satunya yaitu rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Permasalahan ini terjadi karena pendidik masih menggunakan metode ceramah pada setiap pembelajaran di kelas sehingga berpengaruh terhadap rendahnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak. Hal ini mengakibatkan keterbatasan ruang lingkup peserta didik untuk bepartisipasi aktif dalam pembelajaran, karena mereka hanya mendengarkan materi yang disampaikan oleh pendidik saja. Keterbatasan yang dimiliki siswa dalam mengembangkan ide-ide yang ada dalam pikirannya terbatas dalam ruang lingkupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana pelaksanaan metode brainstorming, (2) bagaimana motivasi belajar siswa setelah menggunakan metode brainstorming, (3) sejauh mana pengaruh metode brainstorming terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah 56 siswa dari jumlah populasi 139 siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji paired simple t test, uji hipotesis dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan metode brainstorming kelas VIII MTs Miftahul Falah Kota Bandung berkategori sangat tinggi, presentasenya mencapai 90,90%, 2) Motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen menggunakan metode brainstorming memiliki rata-rata pre-respond sebesar 38,36 dengan persentase 63,93 % dan rata-rata post-respond sebesar 53,61 dengan persentase 89,40 %. Untuk kelas kontrol memiliki rata-rata pre-respond respond sebesar 37,50 dengan persentase 62,5 % dan rata-rata post-respond sebesar 49,07 dengan persentase 81,79 %, 3) Pengaruh metode brainstorming terhadap motivasi belajar siswa berdasarkan hasil analisis uji-t (independen t test) terhadap hasil post-respond kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka hipotesis (Ha) diterima, sehingga dapat diketahui bahwa adanya pengaruh metode brainstorming terhadap motivasi belajar siswa. Adapun berdasarkan uji N-Gain pada kelas eksperimen memiliki skor 0,70 dengan interpretasi tinggi, sementara pada kelas kontrol memiliki skor 0,51 dengan interpretasi sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar; Metode Brainstorming
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yasri Yustiani
Date Deposited: 04 Jul 2024 02:56
Last Modified: 04 Jul 2024 02:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/89862

Actions (login required)

View Item View Item