Pengaruh Workload terhadap Turnover Intention dengan Pay Satisfaction sebagai variabel moderasi: Studi pada karyawan generasi Z di CV Purnama Tirtatex

Salsabila, Salsabila (2024) Pengaruh Workload terhadap Turnover Intention dengan Pay Satisfaction sebagai variabel moderasi: Studi pada karyawan generasi Z di CV Purnama Tirtatex. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy

Abstract

Turnover intention kerap terjadi dalam dunia kerja dan menjadi persoalan krusial yang perlu dihadapi oleh perusahaan karena mengganggu keefektivitasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara workload dan pay satisfaction terhadap turnover intention, serta apakah pay satisfaction mampu atau tidak memoderasi hubungan workload terhadap turnover intention pada karyawan generasi Z. Equity theory menjadi dasar penelitian ini, dimana karyawan akan menilai dan membandingkan inputnya dengan outcome yang diterima. Pada penelitian ini input berupa workload dan outcome berupa pay satisfaction. Ketika workload yang diterima tinggi namun pay satisfaction yang dirasakan rendah (I > O), maka akan menyebabkan reaksi tidak adil salah satunya timbul keinginan untuk keluar (turnover intention). Akan tetapi, ketika I = O maka karyawan akan merasa adil. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah karyawan generasi Z pada CV Purnama Tirtatex yang berjumlah 55 orang. Pengambilan sampel menggunakan jenis non probability sampling dengan teknik sampel sensus atau menjadikan semua jumlah populasi sebagai sampel. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan meliputi analisis statistik deskriptif, uji instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, uji korelasi, analisis regresi hierarki dan koefisien determinasi dengan dibantu program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa workload berpengaruh positif signifikan terhadap turnover intention dengan nilai signifikansi 0,003 (<0,050) dan nilai t_hitung>t_tabel yaitu 2,044>1,67528 serta nilai koefisien regresi sebesar 0,340; pay satisfaction berpengaruh negatif signifikan terhadap turnover intention dengan nilai signifikansi 0,002 (<0,050) dan nilai t_hitung>t_tabel yaitu -3,305>-1,67528 serta nilai koefisien regresi sebesar -0,278; pay satisfaction memoderasi secara quasi dengan memperlemah pengaruh workload terhadap turnover intention, dengan nilai signifikansi sebesar 0,005 (<0,050) dan koefisien regresi sebesar -0,036. Koefisien determinasi pada penelitian ini ialah 40,3% sedangkan 59,7% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Workload; Turnover Intention; Pay Satisfaction; Generasi Z
Subjects: Education > Psychology of Education
General Management > Education, Research of Management
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Salsabila Salsabila
Date Deposited: 05 Jul 2024 04:42
Last Modified: 05 Jul 2024 04:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90048

Actions (login required)

View Item View Item