Pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR), Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) terhadap Financial Distress Pada perusahaan sektor transportasi yang terdaftar di Indeks Saham Syariah (ISSI) periode 2018-2022

Risda, Nadia Fitri (2024) Pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR), Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) terhadap Financial Distress Pada perusahaan sektor transportasi yang terdaftar di Indeks Saham Syariah (ISSI) periode 2018-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu sektor industri yang memiliki pengaruh besar terhadap pertumbuhan ekonomi negara adalah perusahaan sektor transportasi. Pandemi beberapa tahun lalu menyebabkan beberapa perusahaan mengalami kesulitan, yang pada akhirnya mengakibatkan beberapa perusahaan berada dalam kondisi Financial Distress. Rasio laporan keuangan dapat digunakan untuk memprediksi kondisi Financial Distress Rasio solvabilitas menggambarkan besarnya aktiva yang dibiayai oleh hutang. Semakin tinggi rasio solvabilitas menandakan bahwa pendanaan perusahaan lebih banyak dibayai oleh hutang, maka risiko dan kesulitan yang akan dihadapi akan cenderung lebih besar. Rasio profitabilitas menunjukkan kesanggupan perusahaan dalam menghasilkan laba melalui aset ataupun modal yang dimiliki. Semakin tinggi nilai rasio profitabilitas menunjukkan bahwa perusahaan secara efektif dan efisien dalam mengelola aset dan modal untuk mendapatkan keuntungan. Semakin tinggi nilai rasio profitabilitas menandakan bahwa risiko terjadinya kesulitan keuangan akan lebih kecil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR), Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) secara parsial terhadap Financial Distress. Dan penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR) Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) secara simultan (secara bersamaan) terhadap Financial Distress pada perusahaan sektor transportasi yang terdaftar di Indeks Saham Syariah (ISSI) pada periode 2018-2022. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang telah dipublikasi oleh masing-masing perusahaan. Analisis dilakukan menggunakan berbagai teknik, termasuk analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear, analisis koefisien determinasi dan analisis uji hipotesis (uji T dan uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Debt to Asset Ratio (DAR) berpengaruh signifikan terhadap Financial Distress. Secara parsial Return On Asset (ROA) berpengaruh terhadap Financial Distress. Dan Return On Equity (ROE) secara parsial tidak berpengaruh terhadap Financial Distress. Kemudian secara simultan menunjukkan bahwa Debt to Asset Ratio (DAR) Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) berpengaruh terhadap Financial Distress.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Debt to Asset Ratio; Return On Asset; Return On Equity; Financial Distress
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Nadia Fitri Risda
Date Deposited: 15 Jul 2024 01:41
Last Modified: 15 Jul 2024 01:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90315

Actions (login required)

View Item View Item