Zein, Isrok Mubarok (2024) Pendidik dan peserta didik dalam perspektif pemikitan Imam Al-Ghazali pada kitab Ihya 'Ulumuddin: Analisis ilmu pendidikan Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (1).pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isii.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1 (6).pdf Download (202kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2 (1).pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3 (5).pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka (5).pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) | Request a copy |
Abstract
iatan pendidikan. Pemahaman tentang pendidik dan peserta didik bagi pelakunya adalah sebuah keharusan. Sehingga tujuan pendidikan yang diinginkan dapat tercapai. Maka dari itu diperlukan suatu pemikiran yang menjelaskan tentang pendidik dan peserta didik dalam memahami konsep tersebut. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui konsep pendidik menurut Imam Al-Ghazali dalam Kitab Ihya ‘Ulumuddin (2) Mengetahui konsep peserta didik menurut Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya ‘Ulumuddin (3) Mengetahui pengaruhnya pemikiran Imam Al-Ghazali dalam Kitab Ihya ‘Ulumuddin tentang pendidik dan peserta didik terhadap pemikiran para tokoh pendidikan islam (4) Mengetahui relevansi antara konsep pendidik dan peserta didik menurut Imam AlGhazali dengan pendidikan zaman sekarang dalam perspektif pendidikan islam. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian penelitian Pustaka (Library Research). Dalam penelitian ini adalah data non-nomerik, yaitu teks dari kitab Ihya ‘Ulumuddin. Data tersebut dikumpulkan melalui metode studi literatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pendidik adalah seseorang dewasa yang mengajarkan ilmu pengetahuan kepada peserta didik dengan tujuan mencari ridho Allah SWT. (2) Pesera Didik adalaj seseorang yang mencari ilmu baik ilmu akhirat maupun ilmu dunia, dan tidak terbatas pada usia, dan yang terpenting adalah dalam mencari ilmu adalah untuk mencari ridho Allah dan merubah hidup menjadi lebih baik. (3) Al-Ghazali berpendapat bahwa tujuan pendidikan adalah untuk membentuk insan paripurna, baik di dunia maupun di akhirat. Peserta didik harus di didik untuk menjadi orang yang beriman, bertakwa, berilmu, berakhlak mulia, dan mampu berkontribusi secara positif bagi masyarakat. Pandangan ini kemudian di adopsi oleh para tokoh pendidikan islam, seperti Ibnu Khaldun, Ibnu Sina, dan Muhammad Abduh. (4) Konsep pendidik dan peserta didik menurut Imam Al Ghazali dalam kitab Ihya ‘Ulumuddin memiliki relevansi yang tinggi dengan pendidikan zaman sekarang. Hal ini karena konsep tersebut masih relevan dengan tujuan pendidikan islam yang ingin menghasilkan manusia yang utuh, baik dari segi spiritual, moral, intelektual, maupun sosial. Relevansi konsep pendidik dan peserta didik menurut Al-Ghazali tetap aktual hingga saat ini. Pemikiran tersebut menawarkan solusi untuk perbaikan perilaku masyarakat dan pengembangan pendidikan islam yang berorientasi pada nilai-nilai Al-Quran dan Hadis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidik Al-Ghazali; Peserta Didik; Pendidikan Islam |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Isrok Mubarak Zein |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 06:43 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 06:43 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90354 |
Actions (login required)
View Item |