Analisis persepsi dan ekspektasi masyarakat terhadap sertifikasi halal pada produk barang gunaan kategori peralatan rumah tangga

Fhatturohmah, Siska (2024) Analisis persepsi dan ekspektasi masyarakat terhadap sertifikasi halal pada produk barang gunaan kategori peralatan rumah tangga. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover-Siska.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab 1.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)

Abstract

Persepsi dan ekspektasi masyarakat terhadap sertifikat halal tentu beragam dan dipengaruhi oleh berbagai factor baik secara eksternal maupun internal. Masyarakat juga mengharapkan adanya label halal pada produk yang mereka konsumsi atau gunakan, serta menganggap sertifikat halal sebagai salah satu indikator kualitas produk. Namun sebagian masyarakat masih menganggap sertifikasi halal itu hanya wajib untuk kategori makanan, minuman, obat-obatan dan kosmetik saja yang langsung masuk dan bersinggungan dengan tubuh. Sedangkan untuk barang gunaan atau barang elektronik tidak penting. Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengentahui bagaimana perepsi dan ekspektasi masyarakat terhadap sertifikasi halal pada produk barang gunaan kategori peralatan serta factor apa saja yang dapat mempengaruhi persepsi dan ekspektasi tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dengan jenis data primer yang diperolah darri penyebaran kuisioner dangan teknik non probability sampling dengan penarikan sampel accidental sampling, dengan menyebarkan kuisioner secara online di media social dan Group WA. Adapun untuk pengolahan datanya yaitu dengan menggunakan aplikasi software SPSS Statistic Version 26 dan Microsoft Excel 2019 sebagai penunjang pengolahan data awal. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini mayoritas masyarakat memiliki persepsi dan ekspektasi yang positif terhadap sertifikasi halal pada produk barang gunaan kategori peralatan rumah tangga, meski masih banyak ditemukan masyarakat yang menganggap sertifikasi halal pada produk barang gunaan kategori peralatan rumah tangga tidak penting dan tidak wajar. Dan factor yang mempengaruhi persepsi dan ekspektasi tersebut secara signifikan dipengaruhi oleh factor, agama, jenis kelamin, usia, pendidikan, pendapatan, pekerjaan, tempat tinggal, pengetahuan, kepercayaan pada sertifikat halal, kesadaran halal dan pengalaman.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi Halal; Persepsi; Ekspektasi; Produk Halal
Subjects: Islam
Production, Industrial Economics
Production, Industrial Economics > Other Extractive Industries
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Siska Siska Fhatturohmah
Date Deposited: 09 Jul 2024 01:39
Last Modified: 09 Jul 2024 01:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90581

Actions (login required)

View Item View Item