Pemberdayaan petani sebagai upaya menjaga ketahanan pangan : Studi deskriptif kelompok tani Sugih Mukti di Desa Cigawir Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut

Firdaus, Muhammad Rizky (2024) Pemberdayaan petani sebagai upaya menjaga ketahanan pangan : Studi deskriptif kelompok tani Sugih Mukti di Desa Cigawir Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)

Abstract

Kondisi di Desa Cigawir merupakan salah satu wilayah yang memiliki lahan pertanian yang cukup luas terutama sektor padi, yang menjadikan mayoritas masyarakat yang ada diwilayah tersebut merupakan petani dan buruh tani. Akan tetapi petani di wilayah tersebut masih banyak mendapatkan permasalahan, misalnya kurangnya fasilitas yang diberikan pemerintah untuk membantu petani, kurangnya pengetahuan baik informasi maupun teknologi , kurangnya keterampilan dan permasalahan dalam mengatasi kebutuhan pangan. Kelompok Tani Sugih Mukti ini diharapkan mampun membantu permasalahan – permasalahan yang dihadapi para petani dan juga diharapkan mampu menjadi suatu wadah untuk bertukaran pikiran serta informasi bersama petani. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) program pemberdayaan melalui kelompok tani sugih mukti Desa Cigawir dalam meningkatkan pengetahuan petani untuk menjaga ketahanan pangan. 2) program pemberdayaan melalui kelompok tani sugih mukti Desa Cigawir dalam meningkatkan keterampilan petani untuk menjaga ketahanan pangan. 3) program pemberdayaan melalui kelompok tani sugih mukti Desa Cigawir dalam meningkatkan kekuatan petani untuk menjaga ketahanan pangan. Penelitian ini didasarkan pada teori Parsons, yang menyatakan bahwa pemberdayaan adalah proses di mana seseorang mencapai kekuatan yang cukup untuk mengubah dan mengatur situasi serta institusi yang memengaruhi kehidupan mereka. Pemberdayaan menitikberatkan pada perolehan pengetahuan, keterampilan, dan kekuatan yang memadai untuk memengaruhi kehidupan individu sendiri dan orang-orang yang penting bagi mereka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, dalam pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data ditentukan melaui teknik triangulasi dengan melaui tahap reduksi, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: kelompok tani sugih mukti dalam membuat suatu program pemberdayaan untuk membantu para petani dalam memenuhi kebutuhan sehari – hari. Program pemberdayaan tersebut diantaranya: program simpan pinjam gabah, program perbaikan irigasi dan program pembuatan kartu tani. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kelompok tani sugih mukti dalam melakukan pemberdayaan terhadap petani dikatakan berhasil dalam memenuhi kebutuhan primer petani dan juga mampu dalam menjaga ketahanan pangan di wilayah tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Kelompok Tani; Ketahanan Pangan;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Groups
General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhammad Rizky Firdaus
Date Deposited: 09 Jul 2024 01:55
Last Modified: 09 Jul 2024 01:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90609

Actions (login required)

View Item View Item