Fuady, Rifqy Jauhar (2022) Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan ekstrakurikuler IRMAS untuk membentuk kepribadian islami siswa : Penelitian ekskul IRMAS di SMP PGRI 10 Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (193kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (706kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (775kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
Abstract
Kegiatan ekstrakurikuler IRMAs telah melakukan berbagai upaya dalam membentuk kepribadian islami siswa di SMP PGRI 10 Bandung dengan kegiatan harian, mingguan dan tahunan, namun pada realitanya kegiatan ini masih belum mampu memenuhi target, juga rendahnya pemahaman keislaman disebabkan pembelajaran agama disekolah hanya tiga jam dalam seminggu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Program kegiatan ekskul IRMAS, 2) Proses Internalisasi nilai-nilai PAI pada kegiatan ekskul IRMAS, 3) Evaluasi program ekskul IRMAS, 4) faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekskul IRMAS, 5) keberhasilan internalisasi nilai-nilai PAI melalui kegiatan ekstrakurikuler IRMAS kerangka berpikir dalam penelitian ini berdasar pada teori yang mengatakan bahwa kepribadian muslim yaitu: Salīmul ‘Aqīdah, Shahihul Ibadah, Matīnul Khuluq, Qawiyyul Jismi,, dan Mujāhidun Linafsihi. Dengan menitik beratkan pada Shahihul Ibadah dan Matīnul Khuluq. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif, untuk memahami fenomena alamiah dengan mengumpulkan data kemudian diberikan penafsiran atas fenomena tersebut. Data diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi berupa quisioner. Analisis berdasarkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini disimpulkan: 1) Program kegiatan ekskul IRMAS yaitu mampu membentuk siswa yang memiliki nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, dalam bentuk akhlak karimah dikeseharian, 2) Proses internalisasi nilai-nilai PAI melalui ekskul IRMAS terdiri dari tahap transformasi, transaksi dan transinternalisasi, dan pelaksanaannya melalui pembiasaan pada kegiatan harian, kegiatan rutin mingguan, dan peringatan hari besar Islam serta dilakukan dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan keteladanan. 3) Evaluasi program ekskul IRMAS dilakukan dengan cara melakukan evaluasi proses dan penilaian secara berkala dengan evaluasi lisan berupa pengarahan langsung dan non lisan berupa tulisan maupun gambar atau karya yang dibuat selama ekskul berlangsung. 4) faktor pendukung diantaranya (a) pembina ekskul; (b) pendekatan yang dilakukan oleh guru; (c) minat siswa; (d) dukungan dari pihak sekolah. Adapun faktor penghambatnya yaitu: (a) Pemahaman siswa terhadap ilmu agama; (b) sarana dan prasarana yang kurang representatif; (c) kurangnya perhatian dari sebagian orangtua;(d) perbedaan karakteristik siswa, (5) Keberhasilan internalisasi nilai-nilai PAI melalui kegiatan ekskul IRMAS terlihat pada tingkah lakunya berupa pembiasaan diri yang dilakukan oleh para anggota IRMAS yang semua bertujuan pada kepribadian siswa yang islami, seperti, mengucapkan salam ketika bertemu guru, menerapkan 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun) kepada semua orang, menjadi teladan bagi siswa lain dengan berpakaian rapi sesuai aturan yang berlaku di sekolah, dan juga pada kehidupannya sehari-hari, baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepribadian islami; Salamul Aqidah; Irmas |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fuady Rifqy Jauhar |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 03:18 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 03:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90697 |
Actions (login required)
View Item |