Pengembangan e-modul berbasis website berbantuan Wordpress melalui pendekatan berdiferensiasi dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa

Muhamad, Dede (2024) Pengembangan e-modul berbasis website berbantuan Wordpress melalui pendekatan berdiferensiasi dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (512kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa menjadi kemampuan dasar yang harus dimiliki dan ditingkatkan oleh peserta didik untuk menguasai materi dan ketercapaian dalam pembelajaran. Namun, dalam membangun pemahaman matematis dan kemandirian belajar matematika, baik melalui pengayaan sumber belajar maupun keterlaksanaan pembelajaran belum optimal. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini difokuskan untuk mengembangkan sebuah media ajar berupa e-modul berbasis website berbantuan wordpress melalui pendekatan berdiferensiasi yang interaktif, fleksibel, inovatif, dan sesuai dengan gaya belajar dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan research and development dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,Evaluation). Sumber data diperoleh, yaitu hasil validator ahli media, bahasa, dan materi; guru matematika dan peserta didik kelas VIII di salah satu SMP di Kota Bandung; dan desiminasi kelas VIII salah satu SMP di Kab Bandung tahun ajaran 2023/2024. Hasil dari penelitian ini, yaitu produk e-modul berbasis website berbantuan wordpress dengan kategori sangat valid, efektif meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar siswa, serta sangat praktis digunakan sebagai sumber belajar pada materi statistika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: e-modul, kemandirian belajar; kemampuan pemahaman matematis; wordpress
Subjects: Education > Statistic of Education
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
General Management > Research and Development Management (R and D)
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Dede Muhamad
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:32
Last Modified: 09 Jul 2024 06:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90723

Actions (login required)

View Item View Item