Pembelajaran model RICOSRE (Reading, Identifying, Constructing, Solving, Reviewing, dan Extending) untuk meningkatkan kemampuan penalaran adaptif matematis siswa

Maulana, Yuli (2024) Pembelajaran model RICOSRE (Reading, Identifying, Constructing, Solving, Reviewing, dan Extending) untuk meningkatkan kemampuan penalaran adaptif matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (556kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)

Abstract

Kemampuan penalaran adaptif matematis siswa menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Namun, pada kenyataan dilapangan kemampuan penalaran adaptif matematis siswa masih harus ditingkatkan lagi. Tujuan penelitian ini: (a). Untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran adaptif matematis siswa melalui pembelajaran model RICOSRE lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, (b). untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model RICOSRE. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 50 Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan penalaran adaptif matematis siswa melalui pembelajaran model RICOSRE lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional dan juga respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model RICOSRE termasuk ke dalam kategori positif, yang artinya pembelajaran model RICOSRE mendapatkan respon yang baik dari sebagian besar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis; RICOSRE; Respon
Subjects: Accounting
Accounting > Education, Research of Accounting
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Maulana Yuli
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:40
Last Modified: 09 Jul 2024 04:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90745

Actions (login required)

View Item View Item