Bimbingan keagamaan melalui Sharing pagi untuk meningkatkan loyalitas kerja karyawan: Penelitian di Zayra Hijab Komplek Permata Biru blok E no. 12 Cinunuk Kabupaten Bandung

Karima, Atqiyah (2024) Bimbingan keagamaan melalui Sharing pagi untuk meningkatkan loyalitas kerja karyawan: Penelitian di Zayra Hijab Komplek Permata Biru blok E no. 12 Cinunuk Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. Daftar Isi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. BAB I.pdf

Download (655kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)

Abstract

Pengelolaan yang tidak baik pada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), akan menyebabkan kinerja perusahaan akan mengalami penurunan. Perusahaan yang memiliki SDM yang baik maka tujuan perusahaan lebih mudah tercapai salah satunya dengan loyalitas kerja. Zayra hijab merupakan perusahaan yang menerapkan budaya perusahaan dengan nilai-nilai keislaman (Islamic Value) dalam meningkatkan loyalitas kerja karyawannya. Salah satu realisasinya adalah dengan layanan bimbingan keagamaan melalui sharing pagi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana bimbingan keagamaan melalui sharing pagi mampu meningkatkan loyalitas kerja karyawan di Zayra Hijab. Penelitian berlandaskan pada teori bimbingan keagamaan, sharing, dan loyalitas kerja. Bimbingan keagamaan merupakan bantuan yang diberikan pembimbing kepada individu atau kelompok agar dapat berkembang keimanan dan keyakinannya sehingga dapat mengatasi permasalahan dengan berpengang teguh pada Al-Qur’an dan As-sunnah serta bahagia dunia akhirat. Selanjutnya sharing merupakan kegiatan berbagi pengetahuan, pengalaman, atau materi dengan tujuan tertentu. Dan loyalitas kerja diartikan sebagai bentuk pengabdian, dedikasi, dan kepercayaan seseorang terhadap suatu perusahaan. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh menggunakan teknik observasi dan wawancara yang kemudian dilengkapi dengan data verbatim. Selanjutnya data telah diperoleh dianalisis dengan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan loyalitas kerja karyawan yang mengikuti sharing pagi di Zayra Hijab meningkat, yang meliputi tujuh aspek yaitu aspek taat peraturan dan disiplin, aspek tanggung jawab, aspek kemauan untuk bekerja sama, aspek rasa memiliki terhadap perusahaan, aspek hubungan antar individu, aspek rasa suka terhadap pekerjaan, dan aspek pengabdian. Selain loyalitas yang meningkat, tapi juga dari aspek pengetahuan dan pengamalan terkait isi materi sharing pagi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Sharing Pagi; Loyalitas Kerja Karyawan
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Islam > Islamic Ethics, Practice
Islam > Da'wah
Labor Economics > Conditions of Employment
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Atqiyah Karima
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:52
Last Modified: 09 Jul 2024 06:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90771

Actions (login required)

View Item View Item