Pengaruh Gross Profit Margin (GPM) dan Return On Equity (ROE) terhadap Stock Price (SP) pada perusahaan sub sektor media yang terfadtar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2013-2022

Nurazmi, Chintia (2024) Pengaruh Gross Profit Margin (GPM) dan Return On Equity (ROE) terhadap Stock Price (SP) pada perusahaan sub sektor media yang terfadtar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan modal bagi perusahaan untuk menunjang operasional perusahaan agar menghasilkan keuntungan (return) yang diharapkan. Maka dari itu perusahaan membutuhkan para investor untuk memenuhi keperluan modal. Perusahaan sektor media cukup menarik perhatian investor untuk berinvestasi karena dengan melihat laporan keuangan dapat mengetahui Stock Price (SP) serta faktor yang dapat mempengaruhi harga saham atau Stock Price (SP) yaitu Gross Profit Margin (GPM) dan Return on Equity (ROE). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh Gross Profit Margin (GPM) dan Return on Equity (ROE) baik secara parsial maupun simultan terhadap Stock Price (SP) pada Perusahaan Sub Sektor Media Periode 2013-2022. Gross Profit Margin (GPM) dan Return on Equity (ROE) merupakan bagian dari rasio profitabilitas yang menggambarkan seberapa efektif Perusahaan dalam mendapatkan keuntungannnya. Kerangka berpikir yang digunakan dalam penelitian ini adalah merujuk kepada beberapa pendapat ahli keuangan dan hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa semakin tinggi Gross Profit Margin (GPM) dan Return on Equity (ROE), maka akan semakin tinggi pula pengaruh terhadap Stock Price (SP). Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. mPenentuan sampel dengan menggunakan metode Purposive Sampling, sehingga diperoleh 4 perusahaan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi data panel dengan menggunakan Eviews12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara parsial Gross Profit Margin (GPM) berpengaruh negatif signifikan terhadap Stock Price (SP). Return on Equity (ROE) secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap Stock Price (SP). Gross Profit Margin (GPM) dan Return on Equity (ROE) secara simultan terdapat pengaruh positif signifikan terhadap Stock Price (SP), dengan nilai R2 (R-Square) dari penelitian ini sebesar 0.324550 dapat diartikan bahwa setiap variabel dependen berubah sebanyak 32,5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gross Profit Margin (GPM); Return on Equity (ROE); Stock Price (SP)
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Chintia Nurazmi
Date Deposited: 15 Jul 2024 00:59
Last Modified: 15 Jul 2024 00:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90871

Actions (login required)

View Item View Item