Pengaruh Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) dalam aplikasi Konseling terhadap penurunan Burnout pada bintara polisi : Penelitian di kepolisian daerah Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung

Virgien, Emalia Rezkina (2024) Pengaruh Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) dalam aplikasi Konseling terhadap penurunan Burnout pada bintara polisi : Penelitian di kepolisian daerah Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)

Abstract

Burnout adalah kondisi kelelahan emosional, depersonalisasi, dan penurunan prestasi diri yang sering dialami oleh individu yang bekerja dalam profesi yang menuntut secara emosional, seperti kepolisian. Mengingat tingginya tingkat burnout yang dapat berdampak negatif pada kinerja dan kesejahteraan polisi dan penggunaannya dalam populasi polisi masih terbilang baru, penelitian ini mencoba menerapkan SEFT dalam aplikasi konseling sebagai intervensi untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) dalam aplikasi konseling terhadap penurunan tingkat burnout pada bintara polisi di Kepolisian Daerah Provinsi Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari bintara yang mengalami burnout dengan berbagai tingkat keparahan: ringan, sedang, dan berat. Data awal menunjukan bahwa sebelum penerapan SEFT Intervensi SEFT dilakukan melalui sesi konseling kelompok yang dirancang khusus untuk membantu bintara melepaskan stres dan ketegangan emosional. Proses metode konseling dengan SEFT dalam penelitian ini dilakukan menggunakan 3 aspek, yaitu spiritual, emosional, dan akupuntur pada kondisi kelelahan fisik dan emosional yang ditandai dengan rendahnya penghargaan terhadap diri, depersonalisasi, dan kelelahan emosional. Dalam penelitian ini dibuktikan dengan adanya pengaruh SEFT dalam pengaplikasian konseling untuk menurunkan burnout pada bintara polisi. Hasil penelitian menunjukkan perubahan signifikan dalam tingkat burnout setelah penerapan SEFT. Setelah intervensi, penurunan skala burnout sebesar 22.24% ini menegaskan bahwa SEFT berpengaruh dalam mengurangi tingkat burnout pada bintara di Polda Jabar. Hasil uji hipotesis dengan paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar p < 0.001, sehingga hipotesis H1 diterima, yaitu terdapat pengaruh SEFT dalam aplikasi konseling terhadap penurunan burnout pada bintara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan SEFT dalam konseling bintara di Polda Jabar memiliki pengaruh dalam mengurangi burnout. Temuan ini memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan dan inovasi teknik dalam psikoterapi dalam Bimbingan Konseling Islam (BKI). Penelitian ini menggarisbawahi perlunya penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi faktor-faktor lain yang memengaruhi burnout, guna meningkatkan efektivitas intervensi di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Spiritual Emotional Freedom Technique; SEFT; burnout; konseling; bintara polisi
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Emalia Rezkina Virgien
Date Deposited: 11 Jul 2024 06:41
Last Modified: 11 Jul 2024 06:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/90946

Actions (login required)

View Item View Item