Strategi optimalisasi program DKM dalam meningkatkan kemakmuran jamaah : Studi deskriptif di masjid Ash-Shiddiq Cikeas Bogor

Putri, Rida Nabilah (2024) Strategi optimalisasi program DKM dalam meningkatkan kemakmuran jamaah : Studi deskriptif di masjid Ash-Shiddiq Cikeas Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)

Abstract

Masjid Ash-Shiddiq sendiri salah satu bangunan umat Islam yang digunakan sebagai pusat peribadatan, pembinaan Masyarakat yang memiliki beberapa program DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) yang bertujuan untuk mengumpulkan dan mengelola dana dari jamaah untuk digunakan dalam berbagai program kegiatan sosial, keagamaan dan pengembangan fasilitas di masjid. Melalui program DKM, masjid dapat menjalankan beragam kegiatan seperti pemberian bantuan fakir miskin, Pembangunan dan pemeliharaan fasilitas masjid, serta pelaksanaan program-program keagamaan seperti pengajian, kajian Islami, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian di Masjid Ash-Shiddiq adalah untuk mengetahui perumusan, pelaksanaan dan evaluasi strategi yang digunakan Masjid dalam optimalisasi program DKM dalam meningkatkan kemakmuran jamaah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Stephani K. Marrus yang mendefinisikan strategi ialah proses penentuan rencana para pemimpin yang berfokus pada jangka panjang organisasi disertai penyusunan suatu cara agar tujuan tersebut dapat dicapai. Sasaran disini ialah program-program masjid dan jamaah. Adapun metode yang digunakan ialah studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sehingga penulis hanya menggambarkan apa adanya di lapangan secara sistematis. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa strategi optimalisasi program DKM pada masjid Ash-Shiddiq Cikeas Bogor yaitu: terdapat beberapa penyebab kurang optimalnya program kegiatan di Masjid Ash-Shiddiq seperti, minimnya jamaah yang hadir dalam shalat berjamaah sehingga masjid di dalamnya terlihat kosong dan sedikit, akan tetapi pada Masjid Ash-Shiddiq tetap melaksanakan tahapan manajemen strategi optimalisasi program DKM dalam meningatkan kemakmuran jamaah, yaitu: 1) Perumusan strategi program DKM yang meliputi pengembangan visi misi, pengelolaan sumber daya dan perencanaan kegiatan program keagamaan dan sosial, 2) Pelaksanaan strategi, menentukan kebijakan terhadap pelaksanaan program kegiatan melalui dana, bangunan dan sumber daya manusia. 3) Evaluasi strategi yang diterapkan melalui rapat dan pembinaan secara berkala setelah program kegiatan yang membahas mengenai program yang sudah dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Masjid; Program DKM
Subjects: General Management
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Rida Nabilah Putri
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:43
Last Modified: 11 Jul 2024 02:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91105

Actions (login required)

View Item View Item