Umammi, Nurfachriza (2024) Strategi dakwah visual pada fashion muslim streetwear: Studi deskriptif pada brand fashion “RSYD Official”. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI .pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (325kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (857kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
Abstract
Strategi dakwah visual melalui fashion streetwear menjadi salah satu kegiatan dakwah melalui desain visual dengan media T-Shirt. Dalam era Gen-Z yang didominasi teknologi digital, dakwah tidak lagi terbatas pada ceramah tradisional, tetapi telah meluas ke media yang lebih modern. RSYD merupakan sebuah brand fashion yang bergerak dibidang dakwah dengan memanfaatkan desain visual untuk menyampaikan pesan dakwahnya. Sehingga penelitian ini menyoroti strategi dakwah yang dilakukan oleh brand RSYD Official. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana perencanaan strategi dakwah visual, bagaimana implementasi strategi dakwah visual, serta bagaimana evaluasi strategi dakwah visual melalui fashion muslim streetwear yang dilakukan oleh Brand RSYD Official. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep strategi yang dikemukakan oleh Fred R David. Konsep tersebut menyatakan terdapat tiga tahapan dalam proses strategi yaitu, perencanaan, implementasi, serta evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma konstruktivisme. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif tentang perencanaan, implementasi, dan evaluasi strategi dakwah melalui visual. Data yang didapat terdiri dari data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui wawancara kepada pihak RSYD dan desain grafis RSYD, observasi selama tujuh bulan, serta dokumentasi dari tampilan media sosial RSYD dan lima desain visual dari produk best seller RSYD. Hasil penelitian menemukan temuan-temuan operasional strategi dakwah yang dilakuakan RSYD melalui tahap perencanaan, yaitu tujuan RSYD ingin memberikan petunjuk kepada masyarakat luas, mengidentifikasi masalah, menetapkan pesan dakwah dan merancang konten-konten menarik. Tahap implementasi yaitu menjalankan yang sudah direncakan, dengan membagikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan SDM yang ada, membuat desain visual dakwah, membuat konten yang menarik, serta melakukan live streaming di e-commerce dan sosial media nya. Tahap evaluasi dengan melihat faktor pendukung yaitu brand RSYD memiliki desain yang unik dan autentik dengan karakteristik cerita yang kuat, serta melihat faktor penghambat adalah orang-orang yang enggan memakai pakaian dengan unsur keagamaan, karena dianggap kurang modis, yang tidak sesuai dengan identitas dan gaya hidupnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi dakwah; Desain visual; Fashion streetwear |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media General Management > Planning and Strategic Management Textile Arts > Fashion Design |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Umammi Nurfachriza |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 02:29 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 02:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91162 |
Actions (login required)
View Item |