Persepsi siswa terhadap pola asuh demokratis orang tua hubungannya dengan kemandirian belajar PAI mereka: Penelitian pada siswa kelas XI SMA Mekar Arum Kabupaten Bandung

Sukmara, Ghina Fadlilah (2024) Persepsi siswa terhadap pola asuh demokratis orang tua hubungannya dengan kemandirian belajar PAI mereka: Penelitian pada siswa kelas XI SMA Mekar Arum Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (77kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (60kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (259kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)

Abstract

Meskipun pola asuh demokratis orang tua sering dianggap sebagai model yang ideal untuk membangun kemandirian belajar siswa, namun di kelas XI SMA Mekar Arum Kabupaten Bandung masih terdapat siswa yang belum menunjukkan tingkat kemandirian belajar yang diharapkan, terutama dalam pelajaran PAI. Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah ada korelasi antara pola asuh demokratis orang tua dengan kemandirian belajar siswa dalam mata pelajaran PAI. Oleh karena itu, persoalan ini menjadi fokus utama pada penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap pola asuh demokratis orang tua kelas XI SMA Mekar Arum Kabupaten Bandung, 2) Untuk mengetahui bagaimana kemandirian belajar PAI siswa kelas XI SMA Mekar Arum Kabupaten Bandung, 3) Untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap pola asuh demokratis orang tua hubungannya dengan kemandirian belajar PAI mereka di kelas XI SMA Mekar Arum Kabupaten Bandung. Persepsi siswa terhadap proses pembelajaran sangat berpengaruh terhadap perkembangannya, semakain baik persepsi siswa terhadap proses pembelajaran maka semakin baikpula hasil belajar meraka. Karena bersungguh-sungguh, minat yang tinggi ditentukan oleh persepsi mereka dalam proses pembelajaran. Maka dalam hal ini hipotesis yang diajukan adalah apakah ada hubungan antara persepsi siswa terhadap pola asuh demokratis orang tua dengan kemandirian belajar PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang memfokuskan terhadap pengujian teori dengan mengukur variabel penelitian menggunakan angka-angka serta data yang dianalisis menggunakan metode statistik. Angket, observasi, wawancara, studi pustaka serta studi dokumen yang dijadikan alat untuk pengumpulan data. Deskriptif analisis setiap indikator variabel X dan Y, uji validitas, uji normalitas, uji korelasi serta uji hipotesis yang dijadikan teknik analisis data. Kesimpulan hasil dari penelitian menunjukkan: 1) Persepsi siswa terhadap pola asuh demokratis orang tua berada pada kualifikasi sangat positif dengan nilai rata-rata 4,20 pada rentang kualifikasi 4,20 – 5,00. 2) kemandirian belajar PAI siswa berada pada kualifikasi sangat tinggi dengan nilai rata-rata 4,65 pada rentang kualifikasi 4,20 – 5,00. 3) Hubungan persepsi siswa terhadap pola asuh demokratis orang tua variabel X dengan kemandirian belajar PAIsiswa variabel Y memperoleh nilai pearson correlation 0.592 apabila merujuk kepada pedoman derajat korelasi berada pada kualifikasi 0,41 s/d 0,60 yang berada pada tingkat korelasi sedang dengan kualifikasi positif. Uji hipotesis memproleh nilai t hitung 4,019 > 1,6973 t tabel sehingga hipotesis diterima (Ha) yang artinya adanya pengaruh antara variabel X persepsi siswa terhadap pola asuh demokratis orang tua dengan variabel Y kemandirian belajar PAI siswa. Besarnya nilai korelasi (R) sebesar 0, 592 dari output tersebut diperoleh koefisiensi determinasi (R Square) 0,350 yang memiliki pengertian bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 35%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pola asuh; Demokratis; Kemandirian belajar
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Culture and Institutions > Parenthood
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ghina Fadlilah Sukmara
Date Deposited: 15 Jul 2024 00:47
Last Modified: 15 Jul 2024 00:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91172

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item