Tinjauan hukum ekonomi syari’ah terhadap pendistribusian zakat melalui program Bandung Cerdas: Studi kasus Baznas Kota Bandung

Solihah, Nenden (2024) Tinjauan hukum ekonomi syari’ah terhadap pendistribusian zakat melalui program Bandung Cerdas: Studi kasus Baznas Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)

Abstract

Zakat dan pendidikan adalah dua unsur yang terikat satu sama lainnya. Zakat merupakan investasi bagi para muzakki karena zakat dapat diartikan membersihkan atau mensucikan. Sedangkan pendidikan merupakan investasi untuk pengetahuan masa depan sehingga zakat menjadi stimulus untuk mengembangkan potensi, inovasi, dan produktivitas ekonomi dalam kehidupan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pendistribusian zakat melalui program bandung cerdas pada baznas kota bandung dan untuk mengetahui tinjauan hukum ekonomi syariah pada pendistribusian zakat melalui program bandung cerdas pada baznas kota bandung. Teori atau kerangka berfikir yang peneliti gunakan yaitu di dasarkan pada fiqih muamalah maliyyah, akad tabarru, zakat, BAZNAS, program bandung cerdas, pendistribusian, tinjauan HES terkait program bandung cerdas , fatwa DSN MUI, dan Undang-Undang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif analitis. Jenis data yang di gunakan yaitu data kualitatif. Sumber data yang di gunakan yaitu sumber data primer Dimana data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan staff BAZNAS Kota Bandung dan sumber data sekunder yang diambil dari sumber lain seperti buku, jurnal, web internet dan website BAZNAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya: 1) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Program Bandung Cerdas di Kota Bandung ini dilihat dari Al-Qur’an, Hadits, Kaidah dan Maqashid Syariah. 2) Tinjauan Fatwa DSN MUI No. 15 Tahun 2011 dilihat dari segi Legalitas dan Kepatutan,Pendekatan Pendidikan, Dukungan Komunitas. 3) Tinjauan UU No.23 tahun 2011 di Baznas Kota Bandung sudah sesuai. Baik dari segi skala prioritas, prinsip pemerataan, prinsip keadilan, dan prinsip kewilayahan sudah diterapkan dengan baik secara keseluruhan sesuai dengan aturan UU pengelolaan zakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hukum Ekonomi Syariah; Program Bandung Cerdas
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: nenden nenden solihah
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:41
Last Modified: 15 Jul 2024 02:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91642

Actions (login required)

View Item View Item