Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar: Penelitian kuasi eksperimen di SDN 271 Panghegar Kota Bandung

Sofyan, Navira Restiana (2024) Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar: Penelitian kuasi eksperimen di SDN 271 Panghegar Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPA. Terdapat 13 dari 25 peserta didik yang artinya 52% mendapati nilai dibawah KKM. Beberapa faktor yang menyebabkan kemampuan berpikir kritis rendah yaitu rendahnya minat dalam membaca; kurangnya pemahaman peserta didik terhadap teks yang dibaca; kurang stimulus pada awal pembelajaran yang mana seluruh faktor tersebut terangkum pada penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat, hingga menyebabkan kemampuan berpikir kritis peserta didik rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) kemampuan awal berpikir kritis peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (2) peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah mengunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (3) perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition dengan yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition melibatkan peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajarannya, mulai dari membaca, menulis, menganalisis, memberikan pendapat, dan menarik kesimpulan terhadap suatu teks. Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition menunjang peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VA dan VB SDN 271 Panghegar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal berpikir kritis peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC memiliki rata-rata nilai sebesar 70,53. Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah mengunakan model pembelajaran CIRC terlihat dari hasil N-Gain mendapatkan kategori cukup efektif dengan skor N-Gain sebesar 57,19%. Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran CIRC dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning, dibuktikan dengan uji t-independent yang menunjukkan nilai asymp.sig. sebesar 0,037 yang berarti < 0,05 artinya, hipotesis alternatif diterima dan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPA antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir kritis; model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition; model pembelajaran Discovery Learning;
Subjects: Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Navira Restiana Sofyan
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:50
Last Modified: 15 Jul 2024 07:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91744

Actions (login required)

View Item View Item