Maolida, Lija (2024) Penerapan metode Silent Way untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Madrasah Ibtidaiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (275kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia, dan juga hasil wawancara dengan guru mata Pelajaran bahasa Indonesia di kelas III-A MI Ibrahilm Ulul Azmi kota bandung, bahwa pada saat pembelajaran berlangsung siswa cenderung kurang bersemangat, dan kurangnya berkomunikasi dengan teman maupun dengan guru, serta penggunaan model dan metode pembelajaran yang masih menggunkan metode konvensional seperti ceramah dan tanya jawab, dilatarbelakangi permasalahan diatas peneliti bermaksud menggunakan sebuah metode pembelajaran khususnya pembelajarann bahasa, metode ini ialah metode Silent Way Dengan menggunakan metode Silent Way dapat menumbuhkan semangat dalam kegiatan belajar, meningkatkan keterlibatan siswa,memperkuat motivasi belajar, mengembangkan keterampilan sosial siswa, dan mengurangi rasa bosan saat pembelajaran. Kemampuan komunikasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kurang, antusias belajar Bahasa Indonesia rendah hanya 41,6% yang mencapai nikai KKM (70). Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Kemampuan komunikasi siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran Silent Way, 2) Gambaran keterlaksanaan pembelajaran dalam penggunaan metode pembelajaran Silent Way memperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70% dengan kategori cukup. kemudian pada siklus II meningkat sebesar 88% Dengan kategori sangat baik. Sedangkan untuk aktivitas guru pada siklus I sebesar 83% Dengan kategori sangat baik. kemudian siklus II aktivitas siswa meningkat sebesar 96% dengan kategori sangat baik. 3) Peningkatan kemampuan komunikasi siswa setelah digunakannya metode pembelajaran Silent Way mengalami peningkatan pada setiap siklusnya pada hasil tes kogritif memperoleh nilai rata-rata 67 dengan ketuntasan klasikal 75% dengan kategori baik pada siklus I, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 82 dengan ketuntasan klasikal mencapai 95% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil unjuk kerja aspek psikomotorik memperoleh nilai rata-rata 69 dengan ketuntasan klasikal 75% dengan kategori baik pada siklus I, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 76 dengan ketuntasan klasikal 85% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Silent Way dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siwa pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III-A MI Ibrahim Ulul Azmi kota bandung. Kata Kunci : Metode, Pembelajaran, Komunikasi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode; Pembelajaran; Komunikasi |
Subjects: | Islam Adult Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Lija Maolida |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 08:18 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 08:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91755 |
Actions (login required)
View Item |