Inayah, Nunung Nailul (2024) Pengaruh Jurnalisme Profetik di Media Online : Studi deskriptif kualitatif pada media NU Online Jabar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf Download (406kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
Abstract
Jurnalisme profetik merupakan jurnalisme yang meneladani akhlak dan perilaku mulia pada Nabi dan Rasul. Salah satu aliran yang mengharuskan seorang jurnalis dapat menyebarluaskan informasi melalui produk jurnalistik yang dibuatnya, dalam hal tersebut berkaitan pula dengan berdakwah. Terdapat banyak media online yang kurang memperhatikan informasi yang disebarkannya, seperti maraknya berita hoaks yang tidak mematuhi kode etik jurnalistik. Media NU Online Jabar merupakan media online yang mengedepankan konsistensi dalam berdakwah melalui penyebaran informasi yang benar, akurat, up to date dan mengikuti perkembangan zaman namun tetap menjaga marwah ke-NU-an nya melalui prinsip jurnalisme profetik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan sifat Shiddiq, Amanah, Tabligh, dan Fathanah sebagai dasar strategi dakwah kenabian oleh media NU Online Jabar dalam pembuatan produk Jurnalistiknya. Penelitian ini menggunakan model jurnalisme profetik Parni Hadi sebagai tokoh pers yang memiliki gagasan jurnalisme profetiknya sebagai jalan dakwah dan warisan tugas nabi untuk diterapkan dalam praktik jurnalistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif yang memaparkan hasil penelitian secara rinci, dengan paradigma konstruktivis. Kemudian tenik pengumpulan data melalui observsi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa media NU Online Jabar menerapkan jurnalisme profetik dilandasi oleh empat strategi dakwah yaitu shiddiq (kebenaran), amanah (terpercaya), tabligh (menyampaikan) dan fatanah (cerdas). Dikatakan shiddiq karena media NU Online Jabar berpegang pada sumber pijakan yang jelas, sangat memperhatikan narasumber dan melalui tahap verifkasi berita terlebih dahulu. Dikatakan amanah (terpercaya) dipahami sebagai menjaga integritas, kemudian memiliki kriteria informasi, cara penyebarluasan akurat dan stategi tertentu untuk informasi yang akan dipublikasikan, lalu memiliki stategi tersendiri melalui promosi agar tetap menjadi pembuat produk jurnalistik yang terpercaya. Dikatakan tabligh (menyampaikan) difahami sebagai penyampaian berita atau informasi dengan berbagai cara kepada khalayak dengan semaksimal mungkin melalui berbagai platform dan pengklasifikasian yang rinci sehingga mudah sampai dan difahami publik. Dikatan fatanah (cerdas) difahami jurnalis media NU Online Jabar selalu update dan up to date dapat menyikapai dan memanfaatkan perkembangan teknologi dengan baik, kemudian dapat mempertahankan eksistensi medianya dengan ciri has yang dimilikinya. Jadi, produk jurnalistik dari media NU Online Jabar dapat dikatakan sejalan dengan empat strategi dakwah kenabian.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jurnalisme Profetik; Media Online; Stategi Dakwah Kenabian; Produk Jurnalistik. |
Subjects: | Special Computer Methods > Online Social Network Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Nunung Nailul Inayah |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 01:37 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 01:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91830 |
Actions (login required)
View Item |