Bimbingan religi dengan teknik Storytelling dalam pembiasaan shalat lima waktu pada anak usia dini: Penelitian di Taman Kanak Kanak Islam Insan Teladan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Irawanto, Salsabila Ghina (2024) Bimbingan religi dengan teknik Storytelling dalam pembiasaan shalat lima waktu pada anak usia dini: Penelitian di Taman Kanak Kanak Islam Insan Teladan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia memiliki populasi muslim yang besar tetapi remaja Indonesia cenderung kurang antusias atau kurang konsisten dalam melaksanakan shalat wajib. Usia remaja kurang antusias dalam melaksanakan shalat maka memerintahkan shalat sejak usia dini adalah investasi berharga dalam pembentukan dasar-dasar kehidupan spiritual mereka. Pada masa usia dini adalah masa yang sangat tepat untuk membentuk karakter yang baik. Sama dengan menanamkan pembiasaan shalat lima waktu yang harus diberi bimbingan sejak usia dini. Tujuan penelitian untuk mengetahui proses bimbingan religi dengan teknik storytelling dalam pembiasaan shalat lima waktu pada anak usia dini di tk islam insan teladan dan hasil bimbingan religi dengan teknik storytelling dalam pembiasaan shalat lima waktu pada anak usia dini di tk islam insan teladan. Bimbingan religi membantu seseorang untuk berkembang dengan baik sesuai ajaran agama, dan pada akhirnya mengantarkan pada kebahagiaan di dunia. Storytelling adalah suatu cara yang dilakukan untuk menyampaikan suatu cerita kepada pendengar, dengan menggunakan suara yang lantang, gerakan tubuh serta ekspresi wajah yang mengekspresikan isi cerita. Anak usia dini merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat bagi seorang individu, maka suatu pembiasaan seperti shalat bisa mulai ditanamkan di usia dini. Teori yang digunakan adalah classical conditioning yang dicetuskan oleh Pavlov untuk menggali kebiasaan pada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan observasi ke tempat penelitian, lalu melakukan wawancara dengan guru dan orang tua siswa sebagai informan, dan mengumpulkan dokumen yang digunakan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan religi dengan teknik storytelling dalam pembiasaan shalat anak usia dini sebagian besar siswa di TK Islam Insan teladan sudah mampu membedakan waktu antara kegiatan sehari-hari dengan waktu pelaksanaan shalat, kebiasaan shalat lima yang tidak lagi diperintahkan oleh orangtua.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: bimbingan religi; teknik storytelling; pembiasaan; anak usia dini.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Salsabila Ghina Irawanto
Date Deposited: 17 Jul 2024 08:48
Last Modified: 17 Jul 2024 08:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91971

Actions (login required)

View Item View Item