Irawanto, Salsabila Ghina (2024) Bimbingan religi dengan teknik Storytelling dalam pembiasaan shalat lima waktu pada anak usia dini: Penelitian di Taman Kanak Kanak Islam Insan Teladan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (288kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
Abstract
Indonesia memiliki populasi muslim yang besar tetapi remaja Indonesia cenderung kurang antusias atau kurang konsisten dalam melaksanakan shalat wajib. Usia remaja kurang antusias dalam melaksanakan shalat maka memerintahkan shalat sejak usia dini adalah investasi berharga dalam pembentukan dasar-dasar kehidupan spiritual mereka. Pada masa usia dini adalah masa yang sangat tepat untuk membentuk karakter yang baik. Sama dengan menanamkan pembiasaan shalat lima waktu yang harus diberi bimbingan sejak usia dini. Tujuan penelitian untuk mengetahui proses bimbingan religi dengan teknik storytelling dalam pembiasaan shalat lima waktu pada anak usia dini di tk islam insan teladan dan hasil bimbingan religi dengan teknik storytelling dalam pembiasaan shalat lima waktu pada anak usia dini di tk islam insan teladan. Bimbingan religi membantu seseorang untuk berkembang dengan baik sesuai ajaran agama, dan pada akhirnya mengantarkan pada kebahagiaan di dunia. Storytelling adalah suatu cara yang dilakukan untuk menyampaikan suatu cerita kepada pendengar, dengan menggunakan suara yang lantang, gerakan tubuh serta ekspresi wajah yang mengekspresikan isi cerita. Anak usia dini merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat bagi seorang individu, maka suatu pembiasaan seperti shalat bisa mulai ditanamkan di usia dini. Teori yang digunakan adalah classical conditioning yang dicetuskan oleh Pavlov untuk menggali kebiasaan pada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan observasi ke tempat penelitian, lalu melakukan wawancara dengan guru dan orang tua siswa sebagai informan, dan mengumpulkan dokumen yang digunakan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan religi dengan teknik storytelling dalam pembiasaan shalat anak usia dini sebagian besar siswa di TK Islam Insan teladan sudah mampu membedakan waktu antara kegiatan sehari-hari dengan waktu pelaksanaan shalat, kebiasaan shalat lima yang tidak lagi diperintahkan oleh orangtua.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan religi; teknik storytelling; pembiasaan; anak usia dini. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Salsabila Ghina Irawanto |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 08:48 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 08:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/91971 |
Actions (login required)
View Item |