Bimbingan keluarga dalam membantu penerimaan diri orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus: Penelitian di Yayasan Rumah Terapi Aura Cipadung

Hidayati, Yulia (2024) Bimbingan keluarga dalam membantu penerimaan diri orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus: Penelitian di Yayasan Rumah Terapi Aura Cipadung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy

Abstract

Setiap orang tua berharap anaknya terlahir sempurna. Namun, tidak semua dikaruniai anak yang sempurna. Beberapa terlahir dengan keadaan tanpa keterbatasan fisik maupun psikisnya dan beberapa terlahir dengan kondisi memiliki keterbatasan yang disebut anak berkebutuhan khusus. Orang tua dapat menunjukkan reaksi emosional negatif dan penolakan saat mengetahui anaknya berkebutuhan khusus. Orang tua mempunyai tantangan yang tidak mudah dalam penanganan dan perawatan anaknya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk (1) Mengetahui kondisi penerimaan diri orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus, (2) Mengetahui proses bimbingan keluarga dalam membantu penerimaan diri orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus, (3) Mengetahui hasil dari pemberian bimbingan keluarga dalam membantu penerimaan diri orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini berlandaskan teori bimbingan keluarga yang menitikberatkan pada proses bantuan kepada orang tua dengan anak berkebutuhan khusus melalui sistem keluarga untuk mengoptimalkan potensi dan mengatasi masalahnya atas dasar kerelaan dan kecintaan terhadap keluarga. Bimbingan keluarga dirancang untuk membantu orang tua menerima kondisi anaknya dengan memberikan informasi terkait kondisi perkembangan anak serta mengidentifikasi kekuatan dan kelemahannya, sehingga dapat membuat rencana positif untuk mencapai keharmonisan keluarga serta kesejahteraan lahir dan batin. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kondisi penerimaan diri orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus menunjukkan perasaan negatif dan penolakan seperti merasa sedih, terkejut, khawatir, bingung, putus asa, bahkan stres dan sakit, yang dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal, (2) Proses bimbingan keluarga terhadap orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus dengan memberikan informasi mengenai kondisi perkembangan anak, dan sebagai bentuk dukungan positif bagi orang tua, (3) Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perubahan sikap orang tua yang negatif menjadi lebih positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keluarga; Anak Berkebutuhan Khusus; Penerimaan Diri Orang Tua
Subjects: Differential and Developmental Psychology
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Yulia Hidayati Hidayati
Date Deposited: 17 Jul 2024 07:16
Last Modified: 17 Jul 2024 07:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92040

Actions (login required)

View Item View Item