Kampanye Public Relations Sosialisasi website DILANDA CITA :studi deskriptif pada Disdukcapil Kota Cimahi

Nugraha, Lantikadewi (2024) Kampanye Public Relations Sosialisasi website DILANDA CITA :studi deskriptif pada Disdukcapil Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi merupakan salah satu lembaga pemerintah yang memiliki unsur sebagai pelaksana urusan pemerintahan yang berfokus pada pelayanan administrasi kependudukan yang meliputi pendaftaran penduduk, pencatatan sipil dan pengelolaan informasi administrasi kependudukan. Disdukcapil selaku penyelenggara kegiatan kampanye Public relations terkait Website Dilanda Cita yang bertujuan untuk memberikan sosialisasi edukasi dan pengenalan Website Dilanda Cita juga guna mempengaruhi minat masyarakat Kota Cimahi dalam penggunaan Website Dilanda Cita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Disdukcapil Kota Cimahi dalam melaksanakan kegiatan kampanye Public relations melalui proses identifikasi masalah, pengelolaan kampanye diantara nya melalui tahap perencanaan dan pelaksanaan kampanye serta evaluasi kegiatan kampanye. Penelitian ini menggunakan model kampanye Leon Ostergaard dengan paradigma konstruktivisme. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan deskriptifp kualitatif dalam mendeskripsikan proses kegiatan kampanye Public relations Website Dilanda Cita dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, dokumentasi serta observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan kampanye Public relations Website Dilanda Cita oleh Disdukcapil Kota Cimahi melalui tiga proses. 1) proses identifikasi masalah melihat dari banyaknya pengaduan Masyarakat di media sosial mengenai antrean layanan dokumen adminduk yang panjang dan lambat, kemudian merealisasi inovasi program Website Dilanda Cita penyempurnaan dari dua website sebelumnya. 2) proses pengelolaan kegiatan kampanye terbagi ke dalam dua tahap yaitu perencanaan dengan menetapkan tujuan kegiatan kampanye agar masyarakat mengenal dan menggunakan Website Dilanda Cita, menetapkan sasaran publiknya yaitu seluruh masyarakat kota Cimahi, pelaku kampanye pada kegiatan sosialisasi merupakan seluruh staf Disdukcapil yang terlibat dalam proses pembuatan website tersebut dan saluran media yakni media sosial dan media online. Kemudian pelaksanaan kegiatan kampanye yang dilakukan baik secara langsung dan tidak langsung. 3) proses evaluasi yang dilakukan oleh Disdukcapil Kota Cimahi melalui kegiatan monitoring internal dengan seluruh staf Disdukcapil, melakukan pemantauan media sosial serta melihat dari kuantitas banyaknya jumlah pengguna akun Dilanda Cita dan kualitas aduan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kampanye Public relations; sosialisasi; website
Subjects: Political Process > Campaigns for Nominations
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Lantikadewi Nugraha
Date Deposited: 18 Jul 2024 03:17
Last Modified: 18 Jul 2024 03:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92092

Actions (login required)

View Item View Item