Rahmawati, Dewi (2024) Peningkatan kualitas pelayanan dalam pengelolaan lampu penerangan jalan umum di Dinas Perhubungan Kota Bandung 2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (676kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) | Request a copy |
Abstract
Suatu negara dibentuk dengan tujuan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakatnya. Sebagaimana yang tercantum dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, salah satu tujuan negara adalah menumbuhkan kesejahteraan bagi warga negaranya. Untuk memastikan bahwa semua kebutuhan warga negara terpenuhi melalui penyediaan layanan publik. Pelayanan publik dilakukan oleh pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, dalam bidang sarana dan prasarana diperlukan tindakan yang profesional dari aparatur pemerintah, hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir setiap kelemahan dan ketidakpuasan masyarakat sebagai pengguna jasa layanan publik. Secara khusus pemerintah sebagai penyedia jasa layanan bidang sarana dan prasarana lampu penerangan jalan umum banyak mendapatkan respon dari masyarakat. Pelayanan yang lama membuat masyarakat menjadi mengeluh dengan pelayanan yang diberikan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis bagaimana peningkatan kualitas pelayanan dalam pengelolaan lampu penerangan jalan umum di Dinas Perhubungan Kota Bandung 2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian berdasarkan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Creswell (2019), terdapat beberapa tahap yaitu 1) mengolah dan mempersiapkan; 2) membaca keseluhuran data; 3) menganalisis dengan meng-coding data; 4) menerapkan proses coding; 5) penyajian data; serta 6) interpretasi. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi pengumpulan data dan triangulasi sumber. Peneliti menggunakan teori kualitas pelayanan menurut Tjiptono (2017) yaitu kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiviness), jaminan (assurance), empati (empathy), dan bukti fisik (tangibles). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pada dimensi pertama, kehandalan (reliability) yaitu petugas sudah menggunakan SOP dan sudah menguasai alat pelayanan dan mengfungsikan dengan cukup baik. Kedua, daya tanggap (responsiviness) yaitu Dinas perhubungan Kota Bandung masih belum cukup teroperasionalkan dengan baik. Ketiga, jaminan (assurance) yaitu aspek jaminan di Dinas Perhubungan Kota Bandung sudah maksimal. Keempat, empati (empathy) pada aspek ini belum maksimal di Dinas Perhubungan Kota Bandung. Kelima, bukti fisik (tangibles) yaitu Dinas Perhubungan Kota Bandung masih belum optimal dan merata dari beberapa permasalahan yang ada. Dinas Perhubungan Kota Bandung perlu melakukan peningkatan upaya seperti pelayanan, sosialisasi dan pemeliharaan sehingga dapat mencapai kualitas pelayanan di masa yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas; Pelayanan Publik; Lampu Penerangan Jalan Umum; Dinas Perhubungan |
Subjects: | Public Administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Dewi Rahmawati Dewi Rahmawati |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 01:59 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 01:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92159 |
Actions (login required)
View Item |