Penerapan Problem Based Learning berbantuan aplikasi Crystallization pada materi Kristalisasi untuk mengembangkan literasi kimia

Huda, Rika Sofiyatul (2024) Penerapan Problem Based Learning berbantuan aplikasi Crystallization pada materi Kristalisasi untuk mengembangkan literasi kimia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan problem based learning dengan bantuan aplikasi Crystallization dalam menyelesaikan lembar kerja mahasiswa sesuai tahapan problem based learning dan menganalisis pengembangan literasi kimia mahasiswa. Metode yang digunakan adalah pre-experiment dengan desain one shoot case study. Subyek penelitian merupakan mahasiswa jurusan Pendidikan Kimia dengan jumlah 32 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar kerja, soal posttest, dan lembar angket sikap. Hasil penelitian kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan lembar kerja dengan tahapan problem based learning memperoleh nilai 85 dengan kategori sangat baik. Nilai tes literasi kimia yang dinilai dengan hasil tes literasi kimia pada aspek konten, konteks, proses, dan sikap diperoleh nilai rata-rata 81 dengan kategori sangat baik, serta penilaian aspek sikap dengan angket literasi kimia terhadap sikap dan tindakan pencegahan terbentuknya batu ginjal diperoleh nilai 74 dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan problem based learning berbantuan aplikasi Crystallization pada materi kristalisasi dapat mengembangkan literasi kimia mahasiswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Problem based learning; literasi kimia; aplikasi crystallization
Subjects: Adult Education > Adult Education in Indonesia
Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Rika Sofiyatul Huda
Date Deposited: 19 Jul 2024 01:53
Last Modified: 19 Jul 2024 01:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92292

Actions (login required)

View Item View Item