Pemahaman wartawan Urban Media Network Bekasi mengenai clickbait di media online: studi fenomenologi mengenai pemahaman clickbait pada wartawan online Urban Media Network Bekasi

Nurhalimah, Nurhalimah (2024) Pemahaman wartawan Urban Media Network Bekasi mengenai clickbait di media online: studi fenomenologi mengenai pemahaman clickbait pada wartawan online Urban Media Network Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin canggih banyak memunculkan industri baru dalam perusahaan media online. Untuk mempertahankan medianya, setiap perusahaan membutuhkan strategi agar menjaga eksistensinya. Salah satu strategi yang banyak digunakan saat ini adalah dengan fenomena clickbait. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman para wartawan media online terkait fenomena clickbait yang tengah marak digunakan. Hal tersebut dikarenakan fenomena clickbait berpengaruh terhadap kualitas tulisan berita dan Kode Etik Jurnalistik. Oleh karena itu, penelitian ini ingin mengetahui pemahaman para wartawan terhadap fenomena clickbait dalam mempengaruhi perhatian pembaca. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori fenomenologi dari Alfred Schutz. Teori ini fokus dalam menggali dan mempelajari bagaimana suatu kejadian terjadi melalui kesadaran pemikiran individu atas dasar lingkungannya. Pemahaman, pemaknaan dan pengalaman orang-orang yang terlibat langsung dalam fenomena ini akan diteliti untuk menarik kesimpulan yang jelas. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menguraikan seluruh data dari para informan yang dirangkum menjadi fokus penelitian. Metode yang digunakannya metode fenomenologi untuk mempelajari bagaimana pengalaman para individu yang mengalami suatu kejadian secara langsung dan berfokus pada pengalamannya tersebut agar fokus penelitian yang bersangkutan menjadi lebih jelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman para wartawan sepakat bahwa clickbait merupakan umpan judul dalam berita online untuk menarik perhatian pembaca dan kebanyakan tidak sesuai antara judul yang ditampilkan dengan isinya. Pemaknaan lain dari para wartawan sependapat bahwa penyebab dari munculnya clickbait ini karena ketatnya persaingan media dan tuntutan dari pemilik media atas target jumlah artikel yang harus dicapai setiap bulannya. Pengalaman para wartawan cukup berbeda karena ada dua informan yang sering menggunakan clickbait, satu informan yang medianya pernah mengalami kecelakaan atas penggunaan clickbait, dan ada juga dua informan yang tidak pernah menggunakannya sama sekali dalam proses produksi artikel berita media online.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Clickbait; media online;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Nurhalimah Nurhalimah
Date Deposited: 22 Jul 2024 01:27
Last Modified: 22 Jul 2024 01:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92355

Actions (login required)

View Item View Item