Intensitas siswa dalam membaca Al-Qur'an di rumah hubungannya dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur'an hadits

Enok, Enok (2009) Intensitas siswa dalam membaca Al-Qur'an di rumah hubungannya dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur'an hadits. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
8_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dan fenomena yang muncul di MI Dayeuhdatar Kecamatan Lumbung Kab Camis, yaitu adanya kesenangan antara tinggmya Intensitas siswa dalam membaca Al-Qur'an di Rumah dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran A1-Qur'an Hadits. Dari fenomena tersebut timbul permasalahan yang harus diteliti yakni bagaimana Intensitas siswa MI Dayeuhdatar Kecamatan Lumbung dalam mcmbaca Al­ Qur'an di Rumah, bagamiana prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Al­ Qur'an Hadits, dan bagammana hubungan antara Intensitas siswa dalam membaca Al-Qur'an di Rumah dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits. Tujuan penelitian ini untuk mengetahur realitas Intensitas siswa dalam membaca Al-Qur'an di Rumah, realotas prestaso belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits, dan untuk mengetahui realitas hubungan antara Intensitas siswa dalam membaca Al-Qu'an di Rumah dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits.. Penelitian ini berdasarkan dari pemkiran bahwa prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits dipengaruhi oleh Intensitas siswa dalam membaca Al-Qur'an di Rumah Dan asumsi tersebut dapat ditark hipotesis, yakni semakin tinggi Intensitas siswa dalam membaca Al­ Qur'an di Rumah, maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits, begitu juga sebaliknya. Penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif, teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket serta dianalisis dengan pendekatan sistematik korelasioner. Penyebaran angket ditujukan kepada 38 responden sebagai sampel dan populasi 38 siswa MI Dayeuhdatar Kecamatan Lumbung Camis. Dari penelitian statstik diketahui bahwa Intensitas siswa dalam membaca Al-Qur'an di Rumah diperoleh angka rata-rata 3,49 angka tersebut termasuk dalam kualfikasi sedang karena berada pada interval 2,5 - 3,5 sedangkan realitas prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits diperoleh angka rata-rata sebesar 52,39 angka tersebut termasuk dalam kualfikasi tinggi karena berada pada interval 3,5 -4,5 adapun korelasi antara kedua variabel termasuk pada kualifikasi korelasi tinggi (0,86) karena berada pada interval 0,70 - 0,90 Dari angka tersebut (0,86) pula drperoleh t hitung sebesar 1,69 hal ini berarit hipotesIs kera (Ha) diterima, dan hipotesis nol (Ho) yang menyatakan tidak ada hubungan ditolak Dilihat dan tinggi rendahnya kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 78%, dan diperkirakan 49% naik turunnya kualifikasi prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadrts dipengaruhi oleh faktor alam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Prestasi; Belajar; Al-Qur'an
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Library Agent
Date Deposited: 05 Aug 2024 02:51
Last Modified: 05 Aug 2024 02:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92536

Actions (login required)

View Item View Item