Enok, Enok (2009) Intensitas siswa dalam membaca Al-Qur'an di rumah hubungannya dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur'an hadits. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (11MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Text (DAFTAR ISI)
8_daftarisi.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (LAMPIRAN)
9_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dan fenomena yang muncul di MI Dayeuhdatar Kecamatan Lumbung Kab Camis, yaitu adanya kesenangan antara tinggmya Intensitas siswa dalam membaca Al-Qur'an di Rumah dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran A1-Qur'an Hadits. Dari fenomena tersebut timbul permasalahan yang harus diteliti yakni bagaimana Intensitas siswa MI Dayeuhdatar Kecamatan Lumbung dalam mcmbaca Al Qur'an di Rumah, bagamiana prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Al Qur'an Hadits, dan bagammana hubungan antara Intensitas siswa dalam membaca Al-Qur'an di Rumah dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits. Tujuan penelitian ini untuk mengetahur realitas Intensitas siswa dalam membaca Al-Qur'an di Rumah, realotas prestaso belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits, dan untuk mengetahui realitas hubungan antara Intensitas siswa dalam membaca Al-Qu'an di Rumah dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits.. Penelitian ini berdasarkan dari pemkiran bahwa prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits dipengaruhi oleh Intensitas siswa dalam membaca Al-Qur'an di Rumah Dan asumsi tersebut dapat ditark hipotesis, yakni semakin tinggi Intensitas siswa dalam membaca Al Qur'an di Rumah, maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits, begitu juga sebaliknya. Penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif, teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket serta dianalisis dengan pendekatan sistematik korelasioner. Penyebaran angket ditujukan kepada 38 responden sebagai sampel dan populasi 38 siswa MI Dayeuhdatar Kecamatan Lumbung Camis. Dari penelitian statstik diketahui bahwa Intensitas siswa dalam membaca Al-Qur'an di Rumah diperoleh angka rata-rata 3,49 angka tersebut termasuk dalam kualfikasi sedang karena berada pada interval 2,5 - 3,5 sedangkan realitas prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits diperoleh angka rata-rata sebesar 52,39 angka tersebut termasuk dalam kualfikasi tinggi karena berada pada interval 3,5 -4,5 adapun korelasi antara kedua variabel termasuk pada kualifikasi korelasi tinggi (0,86) karena berada pada interval 0,70 - 0,90 Dari angka tersebut (0,86) pula drperoleh t hitung sebesar 1,69 hal ini berarit hipotesIs kera (Ha) diterima, dan hipotesis nol (Ho) yang menyatakan tidak ada hubungan ditolak Dilihat dan tinggi rendahnya kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 78%, dan diperkirakan 49% naik turunnya kualifikasi prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadrts dipengaruhi oleh faktor alam.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi; Belajar; Al-Qur'an |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Education Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Library Agent |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 02:51 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 02:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92536 |
Actions (login required)
View Item |