Nurhayati, Endah (2024) Strategi pemberdayaan ekonomi keluarga melalui usaha mikro kecil dan menengah pada pelaku UMKM Warung Al-Batawi: Studi deskriptif di Kampung Rawa Kalong Jl.Dukuh RT 01 RW 05 No.113 Desa. Karangsatria Kecamatan Tambun Utara Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (496kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) membantu mengurangi ketidaksetaraan dan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat, dengan mendukung potensi ekonomi keluarga dan mempromosikan kemandirian ekonomi. UMKM Warung Al-Batawi, memberdayakan ekonomi keluarga dengan menyediakan kebutuhan dasar dan menciptakan praktik bisnis berkelanjutan dan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dapat meningkatkan efektivitas pemberdayaan ekonomi keluarga serta cara melahirkan praktik bisnis berkelanjutan. terkhusus melalui praktisi UMKM Warung Al-Batawi, termasuk mengetahui perencanaan, proses, hasil dan evaluasi. Penelitian ini bedasarkan pada teori strategi Hamel dan Harpalad bahwa strategi dapat mencapai langkah-langkah pelaksanaan dan penentuan penggunaan sumber daya yang utama. Serta teori pemberdayaan menurut Edi Suharto sebagai proses untuk memperkuat kekuatan atau keberdayaan sebagai tujuan, pemberdayaan mengacu pada kondisi atau hasil yang diinginkan. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif dengan menerapkan analisis deskriptif. Penelitian yang melibatkan wawancara langsung dengan informan sebagai metode pengumpulan data. Informan dalam penelitian ini yaitu pemilik UMKM Warung Al-Batawi, Karyawan dan warga yang mengetahui keberadaan UMKM Warung Al-Batawi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi dalam meningkatkan ekonomi keluarga melalui prakitsi UMKM Warung Al-Batawi dilakukan dari segi perencanaan dana hibah, platform digital, pelatihan dan izin usaha. Segi pelaksanaan konsistensi produk, melahirkan inovasi, perluasan pasar dan menjaga penghasilan. Hasilnya pengembangan modal, sumber daya manusia, organisasi serta usaha produktif yang menambah pendapatan dan memudahkan prosesi usaha. Serta evalusi yang dilakukan seperti merespons dan menanggapi situasi, mencari peluang baru, menghubungkan kekuatan atau keunggulan organisasi dengan peluang yang ada dalam lingkungan dan mengoptimalkan sumber daya yang tersedia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemberdayaan ekonomi; Ekonomi keluarga; Warung Al-Batawi |
Subjects: | Islam Econmics |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam |
Depositing User: | Endah Endah Nurhayati |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 01:22 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 01:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92737 |
Actions (login required)
View Item |