Pemahaman Siswa terhadap Materi Akhlak Madzmumah dan Mahmudah hubungannya dengan perilaku Bullying siswa di sekolah : Penelitian pada siswa kelas X di SMK Bunga Persada Cianjur

Pratiwi, Nanda Ratna (2024) Pemahaman Siswa terhadap Materi Akhlak Madzmumah dan Mahmudah hubungannya dengan perilaku Bullying siswa di sekolah : Penelitian pada siswa kelas X di SMK Bunga Persada Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gununng Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (498kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh keterangan bahwa ada beberapa siswa kelas X yang melakukan tindakan bullying di sekolah, bentuk tindakan yang paling sering mereka lakukan adalah bullying verbal dimana mereka memangil atau menyebut nama teman mereka dengan sebutan yang buruk atau kurang pantas, sealain itu juga terdapat beberapa anak yang melakukan tindakan bullying fisik, Fenomena tersebut tidak sesuai dengan kondisi ideal karena ada beberapa anak yang memiliki pemahamn terhdap materi akhlak madzmumah dan mahmudahnya baik akan tetapi tetap melakukan tindakan bullying. Hal tersebut yang melatar belakangi peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini berfokus pada 3 hal. 1) Realitas pemahaman siswa terhadap materi akhlak madzmumah dan mahmudah, 2) Realitas perilaku bullying siswa di sekolah, 3) Hubungan pemahaman siswa terhadap materi akhlak madzmumah dan mahmudah dengan perilaku bullying siswa di sekolah. Dalam penelitian ini didasarkan pada teori perkembangan moral Kohlberg menunjukkan bahwa siswa yang memiliki pemahaman mendalam tentang akhlak mahmudah berada pada tahap perkembangan moral yang lebih tinggi. Akhlak menjangkau aspek-aspek yang menjadi pedoman tindakan seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain, lingkungan dan spiritualitas, seperti tingkah laku, sikap dan moralitas. Memiliki akhlak yang luhur dinilai sangat berharga di mata masyarakat. Akhlak tebagi menjadi akhlak madzmumah dan akhlak mahmudah. Akhlak madzmumah adalah akhlak yang kurang baik atau akhlak yang buruk, salah satu contohnya adalah perilaku bullying. Sedangkan akhlak mahmudah adalah akhlak yang baik salah satu contoh nya adalah sikap kontrol diri. Penulis menggunakan metode korelasional. Penelitian korelasional adalah metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih, tanpa melakukan perubahan, dengan jumlah populasi 309 orang, dan sampel 46 orang. Metode analisis data menggunakan uji normalitas data, uji linearitas, uji regresi, uji korelasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Pemahaman siswa terhadap materi akhlak madzmumah dan mahmudah berada di kategori Sedang (S) 33% dengan nilai tertinggi 96, nilai terendah 24, rata-rata 60. 2) Sedangkan perilaku bulyying siswa berada pada kategori Pernah (P) 59%. Dengan nilai tertinggi 71, nilai terendah 31, rata-rata 40. 3) Berdasarkan penelitian dengan uji korelasional yaitu -0,293<0,05 maka artinya terdapat hubungan yang signifikan dan berkorelasi negatif. berada pada kategori tinggi sedangkan perilaku bulyying siswa berada pada kategori rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Akhlak madzmumah; Akhlak mahmudah; perilaku bullying
Subjects: Psychology
Adult Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nanda Ratna Pratiwi
Date Deposited: 30 Jul 2024 07:57
Last Modified: 30 Jul 2024 07:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92798

Actions (login required)

View Item View Item