Novitasari, Novitasari (2024) Pengaruh Model Joyfull Learning dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Maliyah Kabupaten Bekasi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
SK Plagiarism Novitasari (1).pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (542kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (830kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu model yang digunakan di SMP Al-Maliyah Kabupaten Bekasi adalah Model Joyfull Learning. Kendala yang dilihat selama proses pengamatan pembelajaran ada dua faktor dari motivasi dan hasil belajar. Kendala dari motivasi adalah kurangnya model Pendidikan Agama Islam menjadi kurang inovasi sehingga memakai model pembelajaran yang menyenangkan, kendala kedua adalah peserta didik yang kurang termotivasi dalam belajar terutama hasil nilai dari Pendidikan Agama Islam yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis pelaksanaan model Joyfull Learning dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Maliyah Kabupaten Bekasi, 2) Menganalisis pengaruh model Joyfull Learning terhadap Motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di kelas IX SMP Al-Maliyah Kabupaten Bekasi, 3) Menganalisis pengaruh model Joyfull Learning terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di kelas IX SMP Al- Maliyah Kabupaten Bekasi, 4) Menganalisis terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Model Joyful Learning berlandaskan pada teori konstruktivisme serta teori motivasi belajar Deci dan Ryan, yang menekankan pentingnya menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa. Suasana belajar yang positif diyakini mampu meningkatkan partisipasi aktif, fokus, serta motivasi internal siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini diarahkan untuk mengkaji pengaruh penerapan model Joyfull Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa, khususnya dalam ranah kognitif, dengan membandingkan capaian belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian eksperimen, dengan jenis metode true eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IX. Sampel yang digunakannya kelas IX C sebagai kelas eksperimen dan IX B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t (independent sample t-test dan paired sample t-test) untuk mengetahui perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan serta antara kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: 1) Proses penggunaan Model Joyull Learning menggunakan sistem pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa berpengaruh positif dan mendukung karena siswa lebih terlibat aktif dalam suasana pembelajaran. 2) Pengaruh model Joyfull Learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan, dengan perolehan presentase tertinggi 95.83 yang terdapat pada kategori "sangat tinggi". 3) Pengaruh model Joyfull Learning dalam meningkatkan hasil belajar berpengaruh positif dan signifikan berdasarkan hasil uji hipotesis yaitu, 0,000 atau < 0,05 atau Ho di tolak. 4) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas belajar kontrol dan eksperimen, dengan uji hipotesisnya, yaitu 0,000 < 0,05 atau Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Joyfull Learning; Motivasi; Hasil Belajar |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Novitasari Novi Novitasari |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 04:09 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 04:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92859 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |