Implementasi desain pembelajaran Assure pada materi Islam inklusif untuk mencegah paham radikalisme dan meningkatkan toleransi beragama peserta didik: Penelitian di kelas XI SMA Negeri 2 Padalarang kab. Bandung Barat

Alfi Ali Fathoni, Alfi (2024) Implementasi desain pembelajaran Assure pada materi Islam inklusif untuk mencegah paham radikalisme dan meningkatkan toleransi beragama peserta didik: Penelitian di kelas XI SMA Negeri 2 Padalarang kab. Bandung Barat. Masters thesis, Universitas Islam negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Untitled1.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftra isi.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (506kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text (BAB III)
6_babii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (BAB IV)
7_babiv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (919kB)
[img] Text (BAB V)
8_babv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Radikalisme dan intolerasi merupakan dua hal permasalahan yang bisa mengancam generasi muda dan para pelajar. Upaya pencegahan radikalisme dan peningkatan rasa toleransi beragama di sekolah diantaranya intrakulikuler dan program sekolah. Namun, masih banyak yang bersikap intoleran dan salah dalam memaknai Radikalisme. Gagasan Islam Inklusif merupakan salah satu upaya dalam mencegah radikalisme dan intoleransi. Materi Islam Inklusif dapat diimplementasikan adalah melalui desain pembelajaran ASSURE (analyze learners, state Objective, select methode and materials, utilize materials, Requires learner participation, and evaluate and revise). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh implementasi desain pembelajaran ASSURE pada materi Islam Inklusif terhadap pencegahan radikalisme dan meningkatkan toleransi beragama peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Padalarang Kab. Bandung Barat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif metode kuasi eksperimen. Sumber data primernya adalah kelas XI – 7 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan desain Pembelajaran ASSURE pada Islam Inklusif dan kelas XI – 1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan desain pembelajaran Gagne. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu angket, observasi, wawancara dan tela`ah dokumen. Sedangkan analisa data menggunakan analisis statistik parametrik dan non – parametrik. Hasil penilitian menunjukkan bahwa Implementasi desain pembelajaran ASSURE pada materi Islam Inklusif berpengaruh terhadap pencegahan radikalisme dan peningkatan toleransi beragama. Hal ini dilihat dari hasil uji paired sample T – Tes dan uji Independent sample T – Tes pada variabel radikalisme dan toleransi beragama diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang menyatakan H0 di tolak dan Ha di terima. Ha menyatakan bahwa terdapat rerata perbedaan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan desian desain pembelajaran ASSURE pada materi Islam Inklusif serta terdapat rerata perbedaan antara desain pembelajaran ASSURE pada materi Islam Inklusif dengan desain pembelajaran Gagne. Skor rerata pencegahan radikalisme sebelum pemberian perlakuan adalah 68.16 dan setelah menggunakan desian Pembelajaran ASSURE terjadi kenaikan 15,79 % menjadi skor rerata 83,95. Rerapta skor sebelum pemberian perlakuan dalam peningkatan Toleransi beragama sebesar 73,7 dan setelah menggunakan desain Pembelajaran ASSURE terjadi peningkatan sebesar 15,2 % dengan skor rerata sebesar 88,9. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa implementasi desain Pembelajaran ASSURE pada materi Islam Inklusif berpengaruh signifikan terhadap pencegahan radikalisme dan peningkatan toleransi beragama peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Padalarang kab. Bandung Barat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Desain Pembelajaran ASSURE; Islam Inklusif; Radikalisme; Toleransi beragama
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alfi Ali Fathoni
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:51
Last Modified: 01 Aug 2024 09:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92987

Actions (login required)

View Item View Item