Pengaruh media torso terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ibrahim Ulul Azmi

Soneta, Rima Mena (2024) Pengaruh media torso terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ibrahim Ulul Azmi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Terdapat 22 siswa hanya 3 siswa (13,63%) yang sudah mencapai standar KKM. Sedangkan 19 siswa (86,36%) belum mencapai standar KKM yang telah ditentukan yaitu ˃ 70. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya penerapan media pembelajaran yang kurang efektif dan monoton, serta penggunaan modul yang jarang dibuat oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Ibrahim Ulul Azmi Kabupaten Bandung menggunakan media torso di kelas eksperimen. (2) Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Ibrahim Ulul Azmi Kabupaten Bandung menggunakan media gambar di kelas kontrol. (3) Perbedaan hasil belajar peserta didik kelas V di MI Ibrahim Ulul Azmi Kabupaten Bandung yang menggunakan media torso dengan peserta didik yang menggunakan media gambar. (4) Pengaruh media torso terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Ibrahim Ulul Azmi Kabupaten Bandung pada kelas eksperimen. Media torso merupakan media berbentuk patung yang menyamai tubuh asli manusia sempurna dengan susunan tubuh sebagaimana aslinya. Sedangkan media gambar merupakan segenap yang ditampilkan dalam bentuk gambar, slidedua dimensi sebagai pikiran dan curahan yang beragam seperti gambar lukisan, slide, dan potret. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain Non-Equevalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Ibrahim Ulul Azmi. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 22 orang, dan siswa kelas V-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 21 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil pretest di kelas eksperimen memperoleh nilai 67,23 dengan kategori kurang baik, sedangkan nilai posttest memperoleh 83,09 dengan kategori baik. Sedangkan hasil pretest di kelas kontrol memperoleh nilai 64,81 dengan kategori kurang baik, sedangkan nilai posttest memperoleh 77,23 dengan kategori baik. Berdasarkan uji mann-whitney hasil nilai asymp. sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya ˂ 0,05 yang berarti bahwa H_a diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata nilai posttest siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun berdasarkan hasil uji wilcoxon menunjukan nilai asymp. sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti ˂ 0,05 yang artinya H_0 ditolak, yang berarti terdapat pengaruh media torso terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di kelas eksperimen, maka media torso ini memiliki pengaruh untuk digunakan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Media Torso; Media Gambar;
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Elementary Education > Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rima Mena Soneta
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:04
Last Modified: 09 Aug 2024 07:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93288

Actions (login required)

View Item View Item