Pengaruh modul UKBM berbasis aplikasi moodle terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI kelas xi di SMA Negeri 1 Bandung

Ramdani, Rijki (2023) Pengaruh modul UKBM berbasis aplikasi moodle terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI kelas xi di SMA Negeri 1 Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi atau studi pendahuluan di SMA Negeri 1 Bandung ditemukan permasalahan yang dapat diidentifikasi bahwa: 1) Kurangnya motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI dengan UKBM. 2) Penggunaan modul UKBM yang masih digunakan secara klasik. Dari uraian di atas maka peneliti berpendapat bahwa modul UKBM yang berbasis aplikasi Moodle dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar dan hasil belajar bagi peserta didik. Melihat kondisi yang demikian, hal inilah yang menjadi motivasi utama peneliti untuk melakukan penelitian lebih lanjut karena rendahnya motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Tujuan utama dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan modul UKBM berbasis aplikasi Moodle dalam pembelajaran PAI. 2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan modul UKBM berbasis aplikasi Moodle terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI. 3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan modul UKBM berbasis aplikasi Moodle terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI. 4) Untuk menganalisis respon peserta didik terhadap penerapan modul UKBM berbasis aplikasi Moodle pada pembelajaran PAI. Kerangka berpikir mendeskripsikan pengaruh modul UKBM berbasis aplikasi Moodle terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dengan grand teory pembelajaran PAI sebagai internalisasi nilai-nilai islam dengan pendekatan terpadu yang disajikan di dalam modul UKBM PAI berbasis aplikasi Moodle yang tersusun secara berurutan sesuai sistematika UKBM pada pedoman SKS. Aplikasi Moodle salah satu media pembelajaran yang disebut sebagai Learning Management System. Motivasi belajar mempunyai indikator kebutuhan, dorongan dan tujuan, sedangkan hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku pada peserta didik yang dapat diukur dalam bentuk perubahan pengetahuan sikap dan keterampilan. Metode penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode quasi eksperimen. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Populasi penelitian merupakan siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bandung terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan modul UKBM berbasis aplikasi Moodle pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Bandung kelas eksperimen XI MIPA 2 menggunakan tahapan yang sudah sesuai dengan pedoman RPP yang dibuat oleh guru PAI SMA Negeri 1 Bandung dan sesuai dengan sintak berjalannya metode pembelajaran yang dibawakan guru pada saat pembelajaran berlangsung. Pengaruh penerapan modul UKBM berbasis aplikasi Moodle terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bandung berada pada kriteria sangat baik berdasarkan perolehan hasil motivasi belajar pada aspek kebutuhan kelas eksperimen memperoleh nilai 82,67 dengan kategori sangat baik dan kelas kontrol 72,76 dengan kategori baik, pada aspek dorongan kelas eksperimen memperoleh nilai 71,67 dan kelas kontrol 72,11 dengan kategori baik, pada aspek tujuan kelas eksperimen memperoleh nilai 78 dan kelas kontrol 77 dengan kategori baik. Pengaruh penerapan modul UKBM berbasis aplikasi Moodle terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Bandung berada pada kriteria sangat baik berdasarkan perolehan nilai mean post- test. Nilai rata-rata kelas eksperimen memperoleh nilai sebesar 87,67 dan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata nilai hasil belajar sebesar 74,00. Respon peserta didik terhadap penggunaan modul UKBM berbasis aplikasi Moodle di kelas XI SMA Negeri 1 Bandung merupakan penggunaan pembelajaran yang tepat untuk diterapkan hal ini diperoleh dari nilai rata-rata sebagai berikut: 88% + 81% + 90% = 259 : 3 = 86 %. Angka 86% menunjukkan nilai interpretasi baik sebab berada pada interval nomor 4 dengan rentang nilai 78,00 – 89.00%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Moodle; Media Pembelajaran; Motivasi Belajar; Hasil Belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rijki Ramdani
Date Deposited: 09 Aug 2024 02:10
Last Modified: 09 Aug 2024 02:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93349

Actions (login required)

View Item View Item