Manajemen sistem informasi akademik untuk penguatan standar penilaian pendidikan pada madrasah: Penelitian di Madrasah Aliyah Al-Maa’uun dan Madrasah Aliyah Mazro’atul Ulum Citiis Cianjur Jawa Barat

Asy'ari, Asy'ari (2024) Manajemen sistem informasi akademik untuk penguatan standar penilaian pendidikan pada madrasah: Penelitian di Madrasah Aliyah Al-Maa’uun dan Madrasah Aliyah Mazro’atul Ulum Citiis Cianjur Jawa Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_caver.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstak.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Sistem informasi akademik memiliki peran kunci dalam membangun sistem informasi strategis dalam oganisasi terdapat banyak madrasah di Indonesia belum optimal dalam menggunakan sistem informasi akademik berbasis teknologi informasi, dengan hanya 30% sekolah yang menerapkannya pada tahun 2020. Sebagian besar masih menggunakan sistem manual, yang menyebabkan masalah seperti data tidak akurat, pelayanan informasi yang lambat, dan kesulitan analisis data. Pengelolaan data yang baik dengan teknologi informasi sangat penting untuk efektivitas proses belajar mengajar dan penilaian. Penelitian ini berfokus pada dua madrasah di Cianjur yang telah menerapkan sistem informasi manajemen. Tujuan penelitian adalah menganalisis penerapan sistem informasi akademik sesuai dengan standar penilaian pendidikan dan memberikan rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menghasilkan data kualitatif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses perencanaan sistem informasi akademik di Madrasah Aliyah Al-Maa’uun dan Madrasah Aliyah Mazro’atul Ulum melibatkan analisis kebutuhan, penganggaran, persetujuan pemangku kepentingan, dan pemilihan fitur yang mendukung standar penilaian pendidikan. Kedua madrasah memastikan keselarasan dengan strategi organisasi dan kebutuhan pengguna dalam merancang sistem informasi akademik; 2) Penerapan sistem informasi akademik di Madrasah Aliyah Al-Maa’uun dan Madrasah Aliyah Mazro’atul Ulum melibatkan penggunaan berbagai aplikasi dan perangkat lunak untuk mendukung proses penilaian, seperti e-assessment, manajemen data nilai, mata pelajaran, dan administrasi. Beberapa aplikasi dan perangkat lunak pendukung digunakan dalam implementasi sistem informasi akademik seperti Anates, CBT Online, RDM, SIMPEL, G-Drive, EMIS, PDUM, Google Form dan Google Class Room. Implementasi sistem ini memungkinkan efisiensi, transparansi, dan akurasi dalam evaluasi pendidikan; 3) Dampak penerapan sistem informasi akademik di Madrasah Aliyah Al-Maa’uun dan Madrasah Aliyah Mazro’atul Ulum terlihat pada peningkatan efisiensi, akurasi, transparansi, dan objektivitas dalam proses evaluasi pendidikan. Sistem ini membantu memperkuat standar penilaian pendidikan melalui pengumpulan data yang lebih cepat, analisis yang lebih efisien, dan umpan balik yang lebih tepat kepada siswa, sehingga meningkatkan efektivitas pembelajaran secara keseluruhan. Kedua madrasah berhasil memperkuat standar penilaian pendidikan dengan pendekatan yang efektif dan transparan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi akademik(;) Sistem informasi manajemen(;) Penerapan sistem informasi(;) Dampak penerapan sistem informasi(;) Penilaian pendidikan(;)
Subjects: General Management > Decision Making Management
General Management > Information Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asy'ari Asy'ari Asy'ari
Date Deposited: 21 Aug 2024 08:49
Last Modified: 21 Aug 2024 08:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93626

Actions (login required)

View Item View Item