Luthfiyana, Alfiyah (2024) Manajemen pemasaran melalui program intensifikasi pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Al-Kautsar Depok. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (414kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (720kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang terjadi bahwa manajemen pemasaran yang terencana serta terkooordinir pada program pendidikan dapat mempengaruhi strategi yang efektif. Bukan hanya itu saja, manajemen pemasaran yang terencana serta terkooordinir juga dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan daya saing pada madrasah. Dengan demikian, penelitian ini dapat menjadi referensi madrasah lain yang dimana manajemen pemasaran yang digunakan oleh Madrasah Tsanawiyah Al-Kautsar Depok meliputi kegiatan pelatihan guru untuk membentuk Teknik pembelajaran yang inovatif, memiliki hubungan yang baik antara orang tua dan madrasah, serta melalukan promosi yang berbeda dari madrasah lain dengan komunikasi secara langsung maupun media sosial. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui lebih mendalam tentang manajemen pemasaran melalui program intensifikasi pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Al-Kautsar Depok dengan focus pada perencanaan, pengorganisasian, pengimpementasian dan pengawasan. Tujuan yang lain dalam penelitian ini yaitu untuk melihat kontribusi manajemen pemasaran pada peningkatan daya Tarik sekolah, peningkatan kualitas Pendidikan dan kepuasan stakeholders. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif metode studi lapangan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru, siswa, staf manajemen sekolah, warga sekitar dan orang tua siswa. Observasi dilakukan secara langsung di wilayah Madrasah Tsanawiyah Al-Kautsar. Jenis wawancara yang di gunakan adalah semi berstruktur. Dokumentasi yang penulis dapatkan yaitu file, foto dan audio dari hasil observasi dan wawancara. Dari penelitian ini, maka diperoleh hasil bahwa program intensifikasi pembelajaran yang ada di Madrasah Tsanawiyah Al-Kautsar Depok dapat meningkatkan citra yang positif dan menarik calon peserta didik baru. Kebaruan dalam penelitian ini adalah penerapan teknologi digital dalam pemasaran, strategi pemasaran berbasis nilai religius, peningkatan jumlah siswa, kurangnya pengeluaran dana orang tua, inovasi program pembelajaran sebagai alam pemasaran dan melahirkan lulusan terbaik. Hasil dari penelitian ini adalah Manajemen pemasaran di Madrasah Tsanawiyah Al-Kautsar menggunakan pendekatan yang mengacu pada teori Kotler dan Keller, meliputi produk, harga, tempat dan promosi. Madrasah Tsanawiyah Al-Kautsar menciptakan produk yang berbeda yaitu adanya program intensifukasi pembelajaran. Harga yang ditetapkan oleh Madrasah Tsanawiyah Al-Kautsar berbeda. Tempat pembangunan madrasah sangat strategis dan promosi yang dilakukan oleh Madrasah Tsanawiyah Al-Kautsar melalui sosial media, komunikasi dan pamflet.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pemasaran; Intensifikasi Pembelajaran |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods General Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Alfiyah Luthfiyana |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 06:37 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 06:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93674 |
Actions (login required)
View Item |