Model layanan bimbingan konseling pendidikan Islam kolaboratif dalam membentuk kepribadian muslim peserta didik: Penelitian di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bandung dan Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Bandung

Gunawan, Haris Hendra (2024) Model layanan bimbingan konseling pendidikan Islam kolaboratif dalam membentuk kepribadian muslim peserta didik: Penelitian di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bandung dan Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model layanan bimbingan konseling pendidikan Islam yang kolaboratif dalam membentuk kepribadian muslim peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Bandung dan SMAN 8 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan metode kualitatif naturalistik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan layanan bimbingan konseling Pendidikan Islam; 2) mengidentifikasi kendala layanan bimbingan dan konseling; 3) Mengembangkan model layanan BK-PI; 4) Menguji efektivitas penerapan model layanan serta 5) Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model layanan dalam membentuk kepribadian muslim penelitian di SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 8 Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kualitatif naturalistik. Adapun teknik yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan menyalin. Sedangkan untuk menganalisa data digunakan analisis kualitatif yang meliputi penelaahan seluruh data, penafsiran data dan menarik kesimpulan. Hasil Penelitian ini menemukan bahwa implementasi model layanan bimbingan konseling pendidikan Islam kolaboratif di SMA Negeri 2 Bandung dan SMA Negeri 8 Bandung secara signifikan berkontribusi dalam membentuk kepribadian muslim peserta didik. Berdasarkan analisis data kualitatif naturalistik, ditemukan bahwa: 1). Penerapan Model Kolaboratif: 2). Pengaruh terhadap Kepribadian: 4). Tantangan dan Strategi: 5). Rekomendasi: Berdasarkan temuan, disarankan untuk meningkatkan pelatihan konselor dalam mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan bimbingan konseling sekolah. Temuan ini memberikan wawasan yang mendalam bagi praktisi pendidikan, pengambil kebijakan, dan peneliti untuk mengembangkan pendekatan bimbingan konseling yang lebih efektif dalam mendukung pembentukan kepribadian muslim di konteks pendidikan Islam di Indonesia. ENGLISH: This research aims to develop a collaborative Islamic education counseling service model in shaping the personality of Muslim students. This research was conducted at SMAN 2 Bandung and SMAN 8 Bandung. The research method used is a qualitative method with a naturalistic qualitative method. The aim of this research is to find out: 1) Implementation of Islamic Education counseling guidance services; 2) identify obstacles to guidance and counseling services; 3) Developing the BK-PI service model; 4) Testing the effectiveness of implementing the service model and 5) Identifying supporting and inhibiting factors in implementing the service model in forming research Muslim personalities at SMAN 2 Bandung and SMAN 8 Bandung. This research was conducted using a qualitative approach with naturalistic qualitative methods. The techniques used are observation, interviews and copying. Meanwhile, to analyze the data, qualitative analysis is used which includes reviewing all the data, interpreting the data and drawing conclusions. The results of this research found that the implementation of the collaborative Islamic education guidance and counseling service model at SMAN 2 Bandung and SMAN 8 Bandung significantly contributed to shaping the Muslim personality of students. Based on naturalistic qualitative data analysis, it was found that: 1). Implementation of the Collaborative Model: 2). Influence on Personality: 4). Challenges and Strategies: 5). Recommendation. These findings provide in-depth insight for educational practitioners, policy makers and researchers to develop more effective guidance and counseling approaches in supporting the formation of Muslim personalities in the context of Islamic education in Indonesia ARABIC: تهدف هذه الدراسة إلى تطوير نموذج خدمة الإرشاد التربوي الإسلامي التعاوني الإرشادي في تشكيل الشخصية المسلمة للطلاب. أُجري هذا البحث في المدرسة الثانوية الحكومية العليا ٢ باندونغ والمدرسة الثانوية الحكومية العليا ٨ باندونغ. طريقة البحث المستخدمة هي الطريقة النوعية ذات المنهج النوعي الطبيعي. والغرض من هذا البحث هو معرفة: ١) تطبيق خدمات إرشاد التربية الإسلامية؛ ٢) تحديد معوقات تطبيق خدمات التوجيه والإرشاد؛ ٣) تطوير نموذج لخدمات إرشاد التربية الإسلامية؛ ٤) اختبار فعالية تطبيق نموذج الخدمة؛ ٥) تحديد العوامل الداعمة والمثبطة في تطبيق نموذج الخدمة في تشكيل الشخصية المسلمة للبحث في المدرسة الثانوية الثانوية الحكومية العليا ٢ والمدرسة الثانوية الحكومية العليا ٨ باندونغ. تم إجراء هذا البحث باستخدام منهج نوعي باستخدام الأساليب النوعية الطبيعية. التقنيات المستخدمة هي الملاحظة والمقابلة وتقنيات النسخ. بينما لتحليل البيانات، تم استخدام التحليل النوعي الذي يتضمن مراجعة جميع البيانات وتفسير البيانات واستخلاص النتائج. توصلت نتائج هذه الدراسة إلى أن تطبيق نموذج خدمة الإرشاد التربوي الإسلامي التعاوني الإرشادي في مدرسة أتاري الثانوية لم يكن فعالاً مثل تطبيق نموذج خدمة الإرشاد التربوي الإسلامي التعاوني الإرشادي.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: model layanan; bimbingan konseling; pendidikan Islam; kolaboratif; kepribadian muslim
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Haris Hendra Gunawan
Date Deposited: 19 Aug 2024 01:07
Last Modified: 19 Aug 2024 01:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93687

Actions (login required)

View Item View Item