Penerapan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Wordwall untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 10 Bandung

Efendi, Puspita Rahmayanti (2024) Penerapan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Wordwall untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 10 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (65kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (81kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Mengetahui penerapan model pembelajaran Talking stick berbantuan media Wordwall pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 10 Bandung. (2) Mengetahui aktivitas belajar siswa pada model pembelajaran Talking stick berbantuan media Wordwall pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 10 Bandung. (3) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Talking stick berbantuan media Wordwall pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap aktivitas belajar siswa di SMP Muhammadiyah 10 Bandung. Berdasarkan analisis data diperoleh data 1) Penerapan model pembelajaran Talking stick berbantuan media Wordwall pada observasi aktivitas guru dengan skor rata-rata 86,7 pada interval 81-100 kategori sangat baik. Dan pada observasi aktivitas siswa dengan skor rata-rata 81,3 pada interval 81-100 kategori sangat baik. 2) Aktivitas belajar siswa pada kelas kontrol post responden pertama rata-rata 2,59 kategori rendah dan pada post responden kedua rata-rata 2,49 kategori rendah, maka tidak ada peningkatan pada kelas kontrol. Sedangkan di kelas eksperimen pada post responden pertama rata-rata 2,70 kategori sedang dan post responden kedua rata-rata 3,66 kategori tinggi, maka ada peningkatan pada aktivitas belajar siswa dikelas eksperimen. 3) Pengaruh variabel X terhadap variabel Y ditunjukan dengan hasil uji dua rerata pada angket pertama di kelas eksperimen sebesar 56,87, sedangkan pada angket kedua di kelas eksperimen menjadi 74,03, dapat diinterpretasikan meningkat sebesar 17,16%. Kemudian, berdasarkan pada hasil uji hipotesis menunjukkan hasil bahwa nilai Sig. 2-tailed yang diperoleh dalam pengujian tersebut adalah sebesar 0,000, yang mana nilai tersebut lebih kecil 0,05. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran talking stick berbantuan media wordwall untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Talking Stick; Aktivitas Belajar
Subjects: Islam > Pillars of Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puspita rahmayanti efendi
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:35
Last Modified: 19 Aug 2024 02:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93693

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item