Implementasi pendekatan saintifik pada mata pembelajaran Aqidah Akhlak dalam meningkatkan hasil belajar dan akhlak siswa: Penelitian di kelas XI MAN I Majalengka

Oding, Oding (2023) Implementasi pendekatan saintifik pada mata pembelajaran Aqidah Akhlak dalam meningkatkan hasil belajar dan akhlak siswa: Penelitian di kelas XI MAN I Majalengka. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (1).pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (582kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (969kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan penelitian awal yang penulis lakukan di MAN I Majalengka Jalan Talaga Bantarujeg menemukan permasalahan: 1) Rendahnya bertatakrama dalam berpakaian, 2) Rendahnya adab dalam berjalan dan adab makan dan minum. 3) Masih rendahnya hasil pembelajaran yang menjadi cenderung rendah di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis: 1) Implementasi pendekatan saintifik dilaksanakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada kompetensi aqidah akhlak. 2) Perbedaan Implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran aqidah akhlak dalam meningkatkan hasil belajar dan akhlak peserta didik pada kelas XI di MAN I Majalengka. 3) Perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik. 4) Peningkatan akhlak peserta didik setelah mendapatkan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. 5) Efektivitas implementasi pendekatan saintifik pada mata Pelajaran aqidah akhlak dalam meningkatkan hasil belajar dan akhlak siswa. Teori belajar pendekatan saintifik atau saintific social learning theory adalah teori belajar melalui observasional yaitu belajar dengan cara mengamati tingkah laku atau perilaku orang lain. Teori ini dikembangkan oleh Muhamad Albert Husaeni yang merupakan seorang akhli pendidikan Islam yang moderat pada masa kini dan juga merupakan seorang psikolog pendidikan di Universitas Al-Azhar Cairo Mesir. Metode pada penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasy Eksperimen) dengan desain the nonequivalent pretest-posttest control-group design. Adapun teknik analisis data menggunakan uji: 1) uji normalitas, 2) uji homogenitas dan 3) uji hipotesis . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Implementasi Pendekatan Saintifik pada mata pelajaran aqidah akhlak meliputi proses perhatian, mengingat, memproduksi, dan motivasi. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen rata-rata pretest adalah 67,14 dan rata-rata postes adalah 85,95. 3) Terdapat perbedaan peningkatan akhlak siswa menggunakan model teori belajar sosial dan metode diskusi pada mata yaitu pada kelas eksperimen rata-rata angket awal yaitu 105,57 dan angket akhir adalah 127,48. 4) Keefektifan implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran akidah akhlak untuk meningkat hasil belajar dan akhlak siswa dapat dilihat dari hasil uji N-Gain menunjukan teori belajar sosial cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan sangat efektif untuk meningkatkan akhlak siswa di MAN I Majalengka.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pendekatan saintifik; akhlak; hasil belajar
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: oding oding
Date Deposited: 20 Aug 2024 06:40
Last Modified: 20 Aug 2024 06:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93841

Actions (login required)

View Item View Item