Implementasi kebijakan penanganan perumahan dan permukiman kumuh di Kelurahan Gunung Sari Ulu Kota Balikpapan berdasarkan PERDA Balikpapan no. 3 tahun 2017 perspektif Siyasah Dusturiyah

Rahmadanti, Dinda Eldina Aulia (2024) Implementasi kebijakan penanganan perumahan dan permukiman kumuh di Kelurahan Gunung Sari Ulu Kota Balikpapan berdasarkan PERDA Balikpapan no. 3 tahun 2017 perspektif Siyasah Dusturiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Adanya PERDA Balikpapan No.3 Tahun 2017 ini menjadi sebuah solusi untuk menaggulangi permasalahan perumahan dan permukiman kumuh di Balikpapan.Hal ini ditilik dari perkembangan Kota Balikpapan yang cukup pesat dari tahun ke tahun, mengikuti jumlah pendatang yang terus bertambah seiring dengan rencana pindahnya ibukota Republik Indonesia ke pulau Kalimantan.Tingkat kumuh perkotaan semakin melonjak dengan banyaknya bangunan beton yang berlomba menjadi gedung pencakar langit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pelaksanaan dari kebijakan penanganan perumahan kumuh sesuai dengan PERDA Balikpapan No. 3 Tahun 2017, mengetahui efek yang ditimbulkan dari pelaksanaan PERDA permukiman dan perumahan kumuh, dan mengetahui pandangan siyasah dusturiyah tentang pelaksanaan dan efek terhadap pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman dan perumahan kumuh. Kerangka pemikiran yang digunakan penulis menggunakan teori implementasi yaitu kebijakan diturunkan berupa program yang telah disusun dan kemudian di kerjakan menjadi proyek-proyek dan berakhir menjadi kegiatan-kegiatan, teori efektivitas implementasi kebijakan, dan teori siyasah dusturiyah sehingga segala hal yang menjadi pertimbangan untuk membangun pemerintahan semuanya harus berdasarkan kemashlahatan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan secara yuridis empiris. Penelitian ini dilakukan berdasarkan keadaan nyata atau yang sebenarnya terjadi di masyarakat dan bertujuan untuk mendapatkan fakta dan data terbaru yang dibutuhkan. Sehingga penelitian ini digolongkan jenis dekriptif analisis yaitu mendeskripsikan sebuah analisis terhadap obejek penelitian dan memberikan gambaran terhadap fakta-fakta yang diibutuhkan terhadap objek yang diteliti. Pelaksanaan kebijakan penanganan perumahan kumuh oleh pemerintah daerah Kota Balikpapan sebagian besar sudah dilaksanakan sesuai dengan amanat pada PERDA Balikpapan No. 3 Tahun 2017. Meskipun begitu pemerintah dan masyarakat juga tidak hentinya berimprovisasi seiring berkembangnya kota, peremajaan yang dilakukan dinas terkait memberikan sebuah harapan baru bagi warga kota untuk mendapatkan kehidupan layak yang tak ketinggalan zaman.Hal tersebut beriringan dengan solusi yang harusnya lahir dengan kemashlahatan bersama yaitu dengan adanya permukiman sementara sementara peremajaan dilakukan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Permukiman; Kumuh; Siyasah Dusturiyah
Subjects: Constitutional and Administrative Law > Constitutional Law of Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Dinda Eldina Aulia Rahmadanti
Date Deposited: 23 Aug 2024 07:08
Last Modified: 23 Aug 2024 07:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93996

Actions (login required)

View Item View Item